Serahkan Bantuan Sembako, DPR Minta Warga Tunda Mudik

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta agar segenap warga untuk sementara waktu menunda mudik Lebaran tahun ini guna mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Pada saru sisi larangan mudik sangat memberatkan masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Namun, pada sisi lain, menunda mudik akan mengurangi penyebaran pandemi Covid-19 ke daerah-daerah karena status wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sebagai zona merah Covid-19.

Saya tahu, kata Puan, betapa berharganya dapat bersilaturahmi menemui orang tua dan sanak saudara. Tetapi, ketika kita melakukan mudik di tengah pandemi Covid-19, itu artinya kita memperbesar risiko menularkan virus Covid-19 ke orang-orang yang dicintai di daerah yang dituju.

“Mungkin saja kita terlihat sehat. Namun, bisa saja kita sebenarnya yang membawa virus mematikan tersebut. Tanpa kita sadar, itu dapat menularkannya kepada orang-orang yang kita temui saat mudik,” ujar Puan saat penyerahan bantuan sembako kepada karyawan dan masyarakat sekitar Kompleks Parlemen, di selasar Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, kemarin.

Dikatakan, pemberian bantuan sembako ini sebagai bentuk solidaritas sosial yang dibutuhkan semua komponen masyarakat. “Di saat-saat seperti inilah, sangat dibutuhkan adanya gotong royong kita semua. Pimpinan DPR RI mengajak agar seluruh elemen masyarakat terus menjalankan semangat gotong royong. Bantuan 9 ribu paket sembako ini merupakan kerja sama DPR RI dengan Bank Bukopin.”

Pada kesempatan yang sama Puan mengapresiasi sejumlah Bantuan Sosial (Bansos) yang sudah dibagikan dan sedang disiapkan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk warga yang terdampak penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). “Insentif seperti itu sangat penting agar masyarakat tenang tinggal di rumah mematuhi anjuran PSBB.”

Turut hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel, Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto, Direktur Utama Bank Bukopin Eko Rahmansyah Gindo, Sekjen DPR RI Indra Iskandar, pejabat dan pegawai di lingkungan Sesjen dan BK DPR RI. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait