Sesepuh Nasional BKPRMI Muh Jazir Dibakar oleh Penari Pepe Pepeka ri Makka

  • Whatsapp

MAKASSAR. Suasana silaturrahim Ikatan Kekerabatan Alumni Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (IKA BKPRMI) Sulsel digelar Sabtu, 11 September 2021 di Hotel Alauddin Jl. Sultan Alauddin Makassar, berlangsung seru dan cukup menegangkan.

Pada prosesi pembukaan acara silaturrahim, ditampilkan tarian api adat traisional asal Makassar yang bernama tarian pepe pepeka ri makka. Pada tarian ini ada tiga penari laki laki yang memainkan api dalam bentuk obor digenggam tangan diiringi suara gedang bertalu talu.

Ditengah iringan tarian dan gendang salah seorang penari api itu naik panggung dan mengajak Sesepuh Nasional BKPRMI Ir.H.Dr.Muh Jazir, ASP, ikut menari di depan para peserta silaturrahim.

Tiga penari api kemudian menyulut badan dan pakaian Muh Jazir, api di tangan penari yang disulut ke sesepuh nasional BKPRMI ini tidak membakar kulit dan pakaian yang digunakan sampai tarian berakhir. Tarian api itu jadi salah satu agenda dalam pembukaan acara silaturrahim IKA BKPRMI Sulsel.

Pada acara ini tampil membawakan orasi ilmiah Sesepuh Nasional BKPRMI Ir.H.Dr.Muh Jazir, ASP.

Ketua IKA BKPRMI Sulsel, Dr.H.Abubakar Wasahua,MH dalam sambutan pembukaan mengatakan, acara ini bertujuan membangun kembali tali silaturrahmi diantara aktifis BKPRMI dari masa ke masa.

Para alumni BKPRMI kini telah merambah berkarir pada semua bidang dan sukses, ada yang masuk jadi tenaga dosen di perguruan tinggi negeri dan swasta, birokrat, politisi dan pebisnis.

Pertemuan yang digagas hari ini akan membangun persatuan sesama alumni dan kader yang senantiasa menjunjung persatuan sepanjang hayat. BKPRMI dengan para alumni dan kader senantiasa berposisi pemersatu dan pelurus ummat.

Ketua Panitia Silaturrahim BKPRMI Sulsel, Irwan Hasbi, SH, M.K,. pada laporannya mengatakan, peserta acara ini berasal dari para pengurus BKPRMI Sulsel lintas masa dan para sesepuh dan anggota lainnya.

Silaturrahim ini mengusung tema, Peran IKA BKPRMI Sebagai Katalisator Umat Melalui Institusi Kemasjidan Menuju Indonesia Maju.

Selama silaturrahim berlangsung Nampak hadir sesepuh BKPRMI, Prof Dr.H.Ahmad Sewang, Prof Dr. dr.Nor Bahri Noer, M.Sc, Prof Dr. Saifuddin MS, MSi, Dr. H.Wahid Ismail, MM, Dr.H.Ashari Rasyid. SE. SKM.M.Si, M.Kes dan tokoh sepuh lainya.

Pada acara itu juga diserahkan penghargaan kepada ketua BKPRMI Sulsel pada masanya di antaranya; Dr.H. Yamin Amna, MA (1987-1995), Prof Dr.H.Samiang Katu, M.Ag (1995-1998), Dr.dr.H.Noer Bahry Noer, M.Sc (1998-2001).

Dr.H.Ashari Rasyid, SE,SKM, M.Si,M.Kes (2001-2004), Dr.H.Wahid Ismail, MM (2004-2007), Drs.Nasruddin Budiman (2007-2010), Prof Dr.H.Arifuddin Ahmad,M.Ag (2013-2017), H.Hasid Hasan Palogai, SH, MA (2017-2021). (ulla/yahya)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait