Sgalat Idul Fitri 1437 H di Lanud Sulaiman

  • Whatsapp

Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Mohammad Syafii, S.IP., beserta keluarga, warga muslim kompleks pemukiman Lanud Sulaiman, dan warga masyarakat sekitarnya datang untuk melaksanakan shalat Idulfitri 1437 H/2016 M, yang digelar di lapangan apel  Staf II Lanud Sulaiman, Kec. Margahayu, Kab. Bandung, Rabu (6/7/2016), dengan imam dan khotib KH. DR. Zaenal Abidin, M.Ag. (Dosen Universitas Islam Sunan  Gunung Djati) Bandung.

“Setelah umat muslim berpuasa selama satu bulan di bulan suci Ramadhan, hendaknya mampu menanamkan hakekat nilai- nilai ibadah puasa dalam kehidupan sehari-hari seperti sabar, jujur, ikhlas, dan peduli kepada orang lain,” kata Danlanud yang juga menyampaikan bahwa kesabaran seseorang pada saat berpuasa adalah sebuah upaya untuk menahan emosi dan hawa nafsu, yang akhirnya akan mempengaruhi terhadap sikap dan tindakan dalam menghadapi berbagai masalah maupun musibah kehidupan.

“Hanya dengan modal dasar dan sikap mental yang baik maka kita akan mampu dan tidak rentan dalam menghadapi tantangan tugas di masa mendatang”, jelas Danlanud yang juga mengharapkan agar kesalehan individu, tingkat keimanan, dan rasa empati sosial terhadap lingkungan dan masyarakat, dapat membangun mentalitas, moralitas, dan akhlak yang baik bagi prajurit dan warga TNI Angkatan Udara umumnya dan personel Lanud Sulaiman khususnya.

”Marilah kita membuka pintu hati untuk saling memaafkan dan saling melepaskan kesalahan secara ikhlas dari lubuk hati yang  paling dalam  agar tidak lagi menyimpan dendam di antara sesama umat Islam,” kata KH.DR. Zaenal Abidin, M.Ag., usai memimpin shalat ‘Ied dalam khotbahnya, yang juga mengajak kepada para jemaah untuk membersihkan hati, mensucikan fikiran  bagaikan bayi yang baru dilahirkan dalam keadaan suci bersih tanpa noda dan dosa. Dijelaskan pula bahwa merayakan Idul Fitri 1437 Hijriah bukan mengejar hal yang bersifat fisik semata yang hanya ingin memenuhi hawa nafsu badaniah melainkan bagaimana meningkatkan diri menjadi pribadi yang lebih baik dalam hubungannya kepada Allah Swt dan juga kepada sesama manusia.

Sebelum pelaksanaan Shalat ’Ied, dalam kesempatan tersebut Kasi Bintal Mayor Sus Mulyana, S.Ag., menyampaikan laporan kegiatan selama bulan Ramadhan. Usai pelaksanaan shalat Id dan mendengarkan khotbah, Danlanud didampingi Kasi Bintal dan pejabat lainnya berkesempatan melaksanakan silaturahim, bersalam-salaman dengan warga muslim lainnya untuk saling memaafkan setelah selama satu bulan menjalankan ibadah shaum.

Keterangan gambar :

Danlanud Sulaiman Kolonel Pnb M. Syafii, S.IP., saat menyampaikan sambutan pada pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1437 H di lapangan apel staf II Lanud Sulaiman, Bandung.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *