Sigap Bencana, Pemkot Madiun Ajak Masyarakat Bersiap Sedari Dini

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Bencana bisa datang kapan dan dimana saja. Semua harus bersiap. Pentingnya kesiapsiagaan akan bencana ini hingga pemerintah menetapkan hari peringatan setiap tahunnya. Yakni tanggal 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. Tujuannya, untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat terkait kesiapsiagaan bencana. Peringatan pun dilakukan beragam di masing-masing daerah.

Untuk BPBD Kota Madiun, Jawa Timur, menggelar apel bersama berlanjut bakti sosial bencana. “Tidak ada yang mengharap adanya bencana. Namun, antisipasi dan kesiapan wajib terus dilakukan,’’ kata Pj Sekretaris Daerah Kota Madiun, Rusdiyanto, saat menerima Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Kota Madiun di Lapangan Pilangbango, Jum’at 20 April 2018.

Ratusan orang terlibat dalam kegiatan tersebut. Mulai unsur TNI dan Kepolisan, relawan BPBD, PMI, Orari, RAPI dan masyarakat. Sebab, antisipasi bencana serta kerugiannya memang menjadi tanggung jawab bersama. Tak heran, urusan kebencaan juga menjadi tanggung jawab semua pihak.

‘’Kesepakatan prabencana perlu melibatkan semua pihak. Ini penting agar lebih siap menghadapi situasi darurat bencana secara bersama-sama,’’ tambahnya.

Pj Sekda juga mengingatkan masyarakat akan datangnya bencana yang tidak bisa prediksi. Sewaktu-waktu bencana dapat terjadi. Pembekalan kesiapan kepada masyarakat harus dilakukan secara kontinyu.

‘’Pengambilan keputusan yang tepat dapat membantu menjaga keselamatan dan dapat meminimalisir kerugian materi maupun korban jiwa kalau bencana datang,’’ jelasnya.

Kerja Bakti Sosial dilaksanakan setelahnya. Kegiatan merupakan bentuk kepedulian Pemkot Madiun dalam menjaga lingkungan. Selain itu, juga perwujudan hari kesiapsiagaan bencana. Ini penting dilakukan mengingat bencana dapat mengganggu aktifitas dan produktifitas keberlangsungan dunia usaha maupun kehidupan bermasyarakat.

‘’Kesiapsigaan bencana dimulai dari diri sendiri, keluarga dan komunitas. Ini sesuai tema hari kesiapsiagaan bencana tahun ini,’’ pungkasnya. (Diskominfo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *