Sinergi Regulasi dengan Kerja Pemerintah Bangun Optimisme Pemulihan Ekonomi Nasional

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mengharapkan pencapaian positif kinerja ekonomi di kuartal III tahun ini menjadikan sinyal positif buat Pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjaga momentum ke arah pemulihan ekonomi lebih baik.
“Trend positif berkurangnya kontraksi pertumbuhan menjadi 3,49 year on year (yoy) dari 5,32 persen (yoy) pada kuartal sebelumnya menjadikan pijakan semangat melangkah lebih jauh lagi,” kata Aziz dalam keterangan kepada awak media akhir pekan ini.

Kami, kata politisi senior Partai Golkar tersebut, melihat titik kritikal Pemilihan Ekonomi Nasional (PEN) telah dilewati di kuartal tiga, lalu Perppu No: 1/2020 dan sinergi tim Satgas juga memberikan hasil positif penanganan pandemi Covid-19 dimana rata-rata kasus aktif yang rendah dan rata-rata kesembuhan cukup tinggi dibandingkan negara lain.

Azis mengatakan, dengan pencapaian itu, dia berharap perekonomian Indonesia akan semakin membaik pada kuartal IV/2020 dan semoga kembali positif pada kisaran pertumbuhan 4,8 hingga 5,8 persen 2021, didukung kenaikan ekspor dengan perbaikan ekonomi global, konsumsi dengan stimulus belanja sosial dari pemerintah, investasi dengan stimulus belanja modal dan investasi swasta dengan UU Ciptaker (UU No 11/2020), serta meningkatnya mobilitas manusia dengan adanya vaksinasi.

“Namun, Pemerintah harus terus waspada dan fokus bekerja dengan memperhatikan indikator seperti mobilitas masyarakat, penjualan eceran non makanan dan online, purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur 50,6 (ekspansif), pendapatan masyarakat, Pilkada, vaksin dan program vaksinasi untuk segera keluar dari Covid-19,” demikian Azis Syamsuddin. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait