‘Situbondo Unggul’ 12 Pelajar Berprestasi Terima BeaSiswa Dari Bupati

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.com – Untuk melahirkan insan cerdas dan kompetitif yang dapat berkontribusi kepada daya saing daerah dan Bangsa. Pemkab Situbondo melalui Dinas Pendidikan (Dipsendik) Kabupaten Situbondo bersama Dewan Riset Daerah (DRD) menyerahkan bantuan beasiswa bagi 12 mahasiswa berprestasi yang melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri, Kamis (12/01).

Menurut ketua DRD Mashudi terjadi penurunan dalam setiap tahunnya, Dari 32 orang kemudian 26 orang dan tahun 2016 hanya 12 orang mahasiswa yang terjaring dalam program beasiswa Situbondo Unggul yang bertujuan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi.

“Penyebabnya adalah Pemkab lebih banyak memberikan peluang kepada mahasiswa jurusan program terapan dan tehnik Pertanian serta Perikanan. Mahasiswa yang berasal dari berbagai Fakultas PTN di Jatim, Sebelumnya kami juga mendapat bantuan serupa,”Ucap Mashudi.

Saat ini seleksi untuk mendapatkan Program bea Siswa unggulan dibatasi, walaupun awal seleksi tidak dibatasi, Hal ini di picu oleh Susahnya masuk di PTN hingga menurunkan minat Siswa untuk masuk di jurusan PTN,” Setelah lolos seleksi sesuai dengan standart yang ditentukan, baru siswa mendapatkan program Bea Siswa Situbondo Unggul. Tahun ini mahasiswa yang mendapat beasiswa diterima kuliah di UIN Surabaya, UIN,Unibraw Malang, Unej Jember;  Poltek Negeri Jember dan IAIN Jember,”Papar Mashudi.

Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH saat menyerahkan beasiswa mengatakan sasaran program Situbondo Unggul ini diperuntukan bagi siswa SMA/SMK/MA berprestasi tapi tak punya biaya untuk berkuliah. Hal ini dipersiapkan untuk memotivasi siswa agar mau melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

“Jangan sampai di Situbondo ada Putra – Putri terbaik dan berprestasi dari keluarga tidak mampu yang sudah menyelesaikan pendidikan di SMA dan Sederajat, tidak kuliah karena tidak punya biaya, kemudian putus asa. Sebab program Situbondo Unggul diberikan kepada siswa-siswi berprestasi bagi keluarga kurang mampu,”Harap Dadang Bupati dua periode tersebut.

Adapun fasilitas Program Situbondo Unggul untuk para mahasiswa tersebut meliputi biaya hidup (living cos) hingga biaya akademik hingga menyandang gelar sarjana, kesemuanya ditanggung Pemkab Situbondo. Diharapkan dengan Program tersebut, memotivasi siswa – siswi Situbondo lebih giat belajar. Serta kedepannya peminat akan terus bertambah.Tentunya harus sesuai dengan persyaratan dan lulus seleksi dari timsel.(JOE).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *