SMPN 5 Kota Blitar Laksanakan MPLS Tahun Ajaran 2022 – 2023

  • Whatsapp

BLITAR, beritalima.com – Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2022 – 2023 dengan akan dimulainya kegiatan belajar mengajar di SMPN 5 Kota Blitar dilaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah/MPLS atau Masa Orientasi Siswa yang dilaksanakan pada 18 – 20 Juli 2022 dan telah dibuka pada Senin ( 18/7 ) pada pelaksanaan upacara di halaman sekolah. MPLS yaitu masa pengenalan bagi siswa baru atau peserta didik baru dan merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru guna menyambut kedatangan siswa baru atau peserta didik baru.

Pelaksanaan MPLS ini merupakan tradisi pada masa pengenalan sekolah atau sering disebut Masa Orientasi Siswa/MOS yang merupakan kegiatan pengenalan budaya dan program – program sekolah bagi siswa baru, dimana memang dikhususkan kepada siswa baru agar para siswa baru mengetahui berbagai program – program sekolah diantaranya program peminatan, program ekstra kurikuler, tata – tertib budaya sekolah dan berbagai program lainnya. Pihak sekolah berkewajiban menyambut dan membantu peserta didik baru untuk beradaptasi di lingkungan sekolah melalui MPLS, dan pelaksanaan MPLS ini mengacu kepada Permendikbud RI Nomor 18 Tahun 2016.

Dalam kata sambutan saat pelaksanaan upacara pembukaan MPLS, Kepala Sekolah SMPN 5 Kota Blitar, Saiful Salim, S.Pd ” mengucapkan selamat datang kepada siswa – siswa baru dan mengingatkan tentang kedisiplinan siswa, mulai dari kerapian baju, rambut, disiplin waktu dalam memasuki sekolah serta sikap mandiri dan tidak manja berkaitan dengan kegiatan sekolah,” jelasnya.

Ditempat yang sama melalui Ketua Panitia MPLS – SMPN 5 Kota Blitar, Nurul Wahyuningsih, S,Pd kepada awak media menambahkan bahwa ” Pelaksanaan MPLS di SMPN Kota Blitar dilakukan selama tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran 2022 – 2023. Pelaksanaannya dilakukan tanggal 18 Juli 2022 sampai dengan tanggal 20 Juli 2022 pada hari sekolah dan jam pelajaran dengan tujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya juga untuk menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi postif seperti kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja dan semangat gotong royong,” tambahnya.

Secara simbolis dengan pengalungan tanda peserta MPLS di SMPN 5 Kota Blitar oleh Kepala Sekolah, pantia berharap kegiatan MPLS dapat berjalan lancar dan bagi para peserta didik baru dapat mengikuti MPLS sampai selesai. Seusai upacara resmi juga ditampilkan atau unjuk kebolehan para siswa diberbagai bidang ekstra kurikuler yang ada di sekolah. ( Ich/Red )

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait