Stella Monica Dibebaskan Dari Jerat Hukum, Tidak Terbukti Langgar UU ITE

  • Whatsapp

SURABAYA – beritalima.com, Stella Monica Hendrawan, pemilik akun instagram @ Stellamonica.h dibebaskan dari jerat hukum oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Stella Monica adalah terdakwa pada kasus pencemaran nama baik klinik kecantikan L’VIORS di media sosial (medsos) yang sebelumnya dituntut dengan pidana penjara 1 tahun dan denda Rp 10 juta oleh jaksa Kejati Jatim, Rista Erna.

Hakim Imam Supriyadi dalam amar putusannya menyatakan bahwa terdakwa Stella Monica tidak terbukti bersalah dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik, sebagaimana diatur dalam dakwaan tunggal sebagai mana diatur dalam Pasal 45 Ayat 3 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Mengadili, menyatakan terdakwa Stella Monica Bin Hendrawan tidak terbukti bersalah sesuai dakwaan penuntut umum. Membebaskan terdakwa dari segala dakwaan jaksa. Memulihkan harkat dan martabat terdakwa seperti sediakala,” ujarnya membacakan putusan dalam persidangan di ruangan sidang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Selasa (14/12/2021).

Menanggapi putusan tersebut, baik jaksa penuntut maupun tim kuasa hukum terdakwa Stella Monica sama-sama menyatakan pikir-pikir.

Diketahui dalam dakwaannya, Jaksa menyebut Stella Monica Hendrawan, pemilik akun instagram @Stellamonica.h saat itu mengeluhkan soal layanan kecantikan di klinik L’VIORS ke akun @dewikumala dan kalimat yang ditulis :

Hahahaa kalau aku dah masuk sampah sejak sebulan pake stel. Gila wes habis 7jt malah jadi uajor.

Dan ternyata……dokter disana itu dokter umum stel, bukan dr muka…….

yang disisipkan kata-kata yang ditulis oleh akun Instagram yang bernama @stellamonica.h yaitu :

and ada lagi !!…..

Juga ke akun Marsha Sashikho @shashasui dengan kalimat :

dulurku ya ngujok2i aku nde lvior, soale mukak e malah menjadi2 pas kesana, katae kondisi kulit kuna terburuk sepanjang hidup……

Dan disisipkan kata-kata yang ditulis oleh akun Instagram yang bernama @Stellamonica.h yaitu :

Dan Sukanya dikit2 main suntik kl ada jerawat di dalem serta ke akun Deline Wijaya Alie yang di blur dengan kalimat Kebacot, Kapanan wkt km post2 lvior, itu mayan lama to, tk kira km cocok stel, soale kdg itu, dokter emg cocok2 an, tp ini wis banyak kasus gn, mnrtku dee gk bener si, dan kasian klo cewek jd ky gn, mksd tujuan mau buat muka apik, g murah jg, eh malah gt, gak genah belas se…. (Han)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait