STIAMAK Bina UMKM Jelang Ramai Orderan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Menyambut lebaran, Tim LPPM STIAMAK Barunawati Surabaya berbagi ilmu bisnis pada UMKM produk makanan, busana dan aksesoris. UMKM-UMKM ini dari 3 kecamatan di Surabaya, yakni Pabean Cantikan, Semampir, dan Krembangan.

Dengan mengusung Tema “Pengelolaan Keuangan dan Manajemen Distribusi Pada UMKM Surabaya”, STIAMAK memberi pelatihan usaha pada mereka di kampusnya, Jumat (17/3/2023)

Dosen tetap STIAMAK, Dr. Indriana Kristiawati MM, Mudayat MM, Nur Widyawati M.SM, Dian Arisanti S.Kom MM, Drs. Moh. Fail M.Ag, dan Risni Adelini SAB, jadi narasumber dalam pelatihan ini. Selain mereka, juga Dian Taufik Febrianto, mahasiswa dan entrepreneurship UMKM produk makanan.

Kepala Humas STIAMAK Barunawati Surabaya Drs. Moh. Fail M.Ag mengatakan, pengabdian kepada masyarakat tersebut bersifat sharing session. “Para dosen berbagi ilmu tentang konsep pembukuan keuangan dan konsep distribusi produk. Tentu para UMKM telah menemukan pengalamannya sendiri,” kata Fail.

Mantan wartawan Jawa Pos Group ini menuturkan, dalam distribusi terpenting ketepatan waktu. “UMKM harus memiliki manajemen distribusi yang baik, mulai apa saja yang harus disiapkan, siapa saja yang terlibat, dan bagaimana proses distribusinya,” terangnya.

Sementara Kepala Prodi Soedarmanto MM mengatakan, setiap kegiatan usaha wajib ada pembukuan keuangan, mulai modal, harga penjualan sampai laba.

“Jadi setiap transaksi wajib dicatat, berapa modalnya, berapa menjual produknya sampai berapa labanya. Jangan sampai modal usaha bercampur dengan keuangan keluarga,” kata Soedarmanto.

Salah satu peserta dari UMKM Kecamatan Semampir, Susana Dewi, menyampaikan kisahnya saat melayani orang dari bantuan dinsos makan. “Uangnya tidak seberapa. Tapi kalau ada calon penerima meninggal, untuk mengambil atau pengembalian uang dalam pembukuan tersebut yang susah. Apalagi uang tersebut bantuan dari Dinas Sosial,” katanya.

Para peserta mengaku senang dengan pelatihan tersebut, apalagi materinya tentang pengelolaan keuangan yang sangat dibutuhkan para pelaku UMKM, terlebih akan menghadapi lebaran orderan ramai, sehingga pembukuan keuangan sangat penting. (Gan)

Teks Foto: Tim LPPM STIAMAK Barunawati Surabaya ketika berbagi ilmu bisnis pada UMKM, Jumat (17/3/2023)

beritalima.com

Pos terkait