Strategi Menjadi Supplier Bahan Bangunan

  • Whatsapp

Memiliki rumah yang nyaman tentu saja impian banyak orang. Maka dari itu, ketika bangun rumah Anda harus memilih material bangunan yang berkualitas. Caranya adalah dengan menemukan terlebih dahulu supplier bahan bangunan yang sudah terpercaya. Menjadi distributor bahan bangunan bisa jadi adalah sebuah bisnis yang cukup menggiurkan saat ini.

Karena sudah pasti setiap tahun kegiatan pembangunan semakin meningkat. Dari pembangunan rumah, area perkantoran, pabrik dan masih banyak lagi. Semua kegiatan pembangunan ini tentu saja membutuhkan bahan bangunan dari distributor yang tepat dan juga material berkualitas. Lalu bagaimana caranya untuk menjadi distributor bahan bangunan yang sukses?

Menjadi Supplier Bahan Bangunan

Ketika kualitas bahan bangunan bagus, maka sudah pasti akan menentukan bagaimana nantinya hunian tersebut saat sudah dibangun. Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk jadi supplier bahan bangunan.

  1. Punya Modal Dan Koneksi

Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin jadi distributor bahan bangunan tentu saja Anda harus memiliki modal. Untuk material bangunan, tentu saja Anda butuh modal yang besar karena seperti diketahui bahan bangunan untuk membangun sebuah hunian saja harganya mahal. Apalagi jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha di bidang distributor bahan bangunan.

Selain modal yang besar, tentu Anda juga harus memiliki relasi dan koneksi yang banyak. Tidak hanya koneksi dari para produsen bahan bangunan tapi juga kontraktor hingga para supplier. Bahkan juga penting memilih koneksi dari pihak perbankan dan para pengusaha di bidang bangunan. Dengan begini, akan memudahkan dan melancarkan bisnis bahan bangunan apalagi jika anda baru ingin membuka bisnis tersebut.

  1. Perhatikan Kebutuhan Pasar

Strategi yang kedua untuk menjadi distributor bahan bangunan adalah dengan memperhatikan apa saja kebutuhan pasar terkait material yang akan dijual. Dengan begitu para pembeli tidak perlu mengunjungi distributor lain, untuk mendapatkan bahan-bahan bangunan karena semua sudah tersedia di toko Anda.

Untuk memperhatikan kualitas dari bahan bangunan. Biasanya material bangunan terdiri dari material dengan harga murah dan kualitas yang lebih rendah atau material dengan kualitas tinggi dan harganya jauh lebih mahal. Namun tetap perhatikan kualitas dari semua bahan bangunan di berbagai tingkat level. Karena kualitas bahan bangunan, akan mempengaruhi kekuatan dan keamanan serta masa pakai bahan bangunan tersebut. Memprioritaskan kualitas akan membuat para pelanggan lebih puas dan bisa kembali lagi ke toko anda saat nanti membutuhkan bahan bangunan.

  1. Temukan Lokasi Yang Tepat

Berjualan bahan bangunan juga harus memperhatikan lokasi toko. Karena kategorinya untuk bisnis bahan bangunan, Anda harus mencari tanah yang luas untuk menempatkan bahan bangunan yang ukurannya tentu tidak kecil. Menentukan lokasi yang strategis juga sangat penting, untuk menentukan apakah penjualan akan meningkat atau tidak.

Anda juga harus memperhatikan bahwa saingan dengan bidang usaha yang sama cukup banyak saat ini. Maka pastikan survei lokasi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa saingan di lokasi yang ingin dituju sedikit atau bahkan tidak ada.

  1. Tentukan Harga Bahan Bangunan

Ketika sudah menemukan lokasi yang tepat Anda juga harus menentukan harga bangunan yang akan dijual. Sebaiknya dalam menentukan harga bahan bangunan, harus dipikirkan secara matang. Dimulai dengan melakukan survei terlebih dahulu untuk harga bahan bangunan di pasaran dan juga bandingkan dengan berbagai kompetitor.

Jangan sampai menjual bahan bangunan dengan harga yang terlalu tinggi dibanding pesaing. Karena sudah pasti nantinya bahan bangunan yang Anda jual tidak akan laku.

  1. Temukan Pemasok Bahan Bangunan Yang Tepat

Sebagai distributor atau supplier bahan bangunan Anda juga butuh yang namanya pemasok bahan bangunan. Menemukan pemasok yang tepat dan bisa dipercaya dengan kualitas yang tetap sama tentu bukan hal yang mudah.

Maka dari itu Anda harus mencari pemasok yang terpercaya. Pastikan pemasok memberikan harga yang jauh lebih miring dengan kualitas sama. Hal ini untuk membantu menjaga kerjasama usaha yang berkepanjangan. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu agar bisa menemukan pemasok yang sesuai dengan kriteria.

  1. Lakukan Promosi Yang Tepat

Setelah semua poin sebelumnya sudah terpenuhi kini saatnya melakukan promosi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk promosi usaha bahan bangunan apalagi untuk kategori supplier baru. Untuk cara-cara konvensional bisa dengan memasang spanduk atau menyebarkan brosur.

Selain itu Anda juga bisa melakukan promosi lewat sosial media ataupun memasang iklan di website, beriklan lewat internet adalah cara yang cukup efektif dengan biaya yang hemat. Berikan juga promo besar-besaran pada saat grand opening toko untuk merhatiin menarik perhatian para pelanggan.

 

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan jika ingin menjadi distributor bahan bangunan. Untuk anda yang membutuhkan pemasok bahan bangunan terlengkap dan terpercaya bisa memanfaatkan BukaBangunan. Platform ini menjual bahan bangunan dengan stok yang selalu ada dengan jaminan barang sampai maksimal tiga x 24 jam tergantung musim dan kondisi cuaca.

Sudah pasti harga bahan bangunan yang tersedia di BukaBangunan adalah harga terbilang kompetitif dan juga terjangkau serta menyediakan produk bahan bangunan lengkap. BukaBangunan sendiri adalah program dari Mitra Bukalapak yang sudah memiliki aplikasi sendiri berbentuk marketplace dengan kategori produk yang dijual adalah bahan bangunan. Lewat platform ini semua mitra bisa mendapatkan berbagai pasokan produk material untuk kebutuhan toko.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait