Sudah 2 Tahun PASKHAMAS Komunitas Bersihkan Masjid di Situbondo

oleh -437 views

 

SITUBONDO, beritalima.com —
Sekumpulan pemuda di Situbondo yang bergerak dalam bakti sosial bersih – bersih masjid dengan nama Pasukan Kebersihan dan Akustik Masjid (PASKHAMAS) terlihat semakin eksis di Bumi sholawat nariyah.

www.beritalima.com

Paskhamas yang terdiri dari puluhan pemuda dari berbagai profesi ini sudah dua tahun berdiri dan 43 masjid yang sudah mereka jadikan sasaran bersih – bersih sepanjang jalur pantura dalam kurun waktu dua tahun.

“Paskhamas ini awal terbentuk dari dawuh dari KHR.Ach. Azaim Ibrahimy, kepada kami santri, akhirnya kami berkumpul dan membulatkan niat secara sukarela untuk membuat perkumpulan bersih – bersih masjid, dan anggotanya kebetulan juga alumni santri dari berbagai pondok pesantren,”Beber Basri Ketua Paskhamas saat bersih – bersih di musholla At Taqwa dilingkungan kantor Pemkab Situbondo. Minggu (9/2/2020).

Basri mengatakan, sebelum dilakukan pembersihan, terlebih dulu ada tim yang melakukan survei ke masjid – masjid baru kemudian tim pembersihan datang.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Sasaran kami adalah masjid sepanjang jalan pantura, dengan kegiatan dua minggu sekali bersih – bersih masjid, dan semua itu kami lakukan secara gratis, hanya satu tujuan kami, supaya jemaah masjid atau masyarakat yang sedang beribadah bisa lebih khusyuk,”Ujarnya.

Mengenai sejumlah alat – alat pembersih, elektrik maupun manual sampai cairan pembersih, Basri mengaku dari hasil patungan anggota yang berjumlah 50 orang.

“Semua alat – alat yang kami pakai dan semua keperluan.hasil patungan dengan kawan – kawan Paskhamas, tak hanha membersihkan lantai masjid, sajadah, Kaca, tempat wuduk dan wc, dalm setiap kegiatan kami juga melayani service segala jenis jam dan isi korek apai gratis warga sekitar masjid,” Akunya.

Basri juga menuturkan, untuk meminta bantuan Paskhamas cukup mudah tinggal mengajukan permohonan ke sekretariat Paskhamas di Kp Kranjan barat desa Panji lor RT 1 RW 1 Kecamatan Panji Situbondo.

“Bagi masjid yang wilayahnya masuk ke dalam (bukan jalan pantura) bisa mengajukan permohonan atau bisa kontak kami di 082 333 821 142, hari ini adalah hari spesial dimana biasanya hari ini kami libur karena sudah berkegiatan minggu kemarin, tapi karena ini Hari Pers Nasional, maka kami juga persembahkan kegiatan ini untuk kawan – kawan pers di situbondo,”Pungkasnya kepada beritalima.com
(Joe) www.beritalima.com

www.beritalima.com