Sultan Kupas Capaian SDGs Dengan Deni Daruri di Rumah Dinas

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Wakil Ketua DPD RI, Sultan Bachtiar Najamudin mengupas tentang bagaimana skema pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) bisa segera diwujudkan Pemerintah dengan pimpinan founder Bumi Global Karbon, Ahmad Deni Daruri di Rumah Dinas Wakil Ketua DPD RI di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan akhir pekan ini.

Melalui keterangan resmi, Sabtu (29/5) Sultan menyampaikan, pertemuan itu fokus pada isu berkaitan dengan tujuan dari SDGs dan langkah-langkah yang harus dilakukan Pemerintah Indonesia dalam menerapkannya hingga ketingkatan desa di seluruh Indonesia.

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan rencana aksi global yang disepakati pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. “Jadi, ini merupakan keniscayaan pemerintah Indonesia agar dapat diterapkan,” tutur Sultan.

Dikatakan, SDGs merupakan seperangkat tujuan, sasaran, dan indikator pembangunan yang berkelanjutan yang bersifat universal. Maka kebutuhan akan penerapannya dapat menciptakan keseimbangan pembangunan yang bijak bagi masyarakat, yaitu pembangunan yang berkelanjutan.

“Orientasi kebijakan Indonesia harus ke arah pembangunan berkelanjutan (sustainable development), pembangunan yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup orang di seluruh dunia, baik dari generasi sekarang maupun akan datang, tanpa mengeksploitasi penggunaan sumber daya alam yang melebihi kapasitas dan daya dukung bumi.”

Ahmad Deni yang juga pengamat perbankan dan pasar modal menyatakan, penyusunan Laporan Keberlanjutan di setiap desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sangat penting dan dapat mendorong tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs-red) Indonesia terukur, akurat, kredibel dan objektif.

Diterangkan, Sustainability Report (SR) Desa dan BUMdes harus disusun berdasarkan standar pelaporan keberlanjutan yang telah digunakan hampir 80 persen negara, yaitu Global Reporting Initiative (GRI) Standard akan melayani dan memenuhi tujuan dari SDGs.

“SR yang disusun harus mempertimbangkan emisi gas rumah kaca, konsumsi energi, kebijakan anti korupsi, mengulas nilai ekonomi langsung yang didistribusikan, investasi infrastruktur, pendekatan terhadap pajak, perekrutan karyawan, pelatihan karyawan dan masyarakat lokal.”

Sultan mengapresiasi dan memberikan dukungan bagaimana tujuan SDGs dapat diwujudkan. “Saat ini Pemerintah melalui kementerian desa sudah menjadikan SDGs sebagai prioritas arah pembangunan ditingkat pedesaan. Dan, DPD RI mendukung agar program ini berjalan diseluruh daerah sesuai dengan target yang diharapkan.”

Sultan yakin dengan pelaksanaan SR Desa dapat mewujudkan desa tanpa kemiskinan, kelaparan, desa sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, interaksi perempuan desa, desa layak air bersih, desa ramah lingkungan dan tahan perubahan iklim secara terukur, objektif, kredibel dan akurat. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait