Survei Pangkalan Elpiji, Polres Situbondo Respon Kelangkaan Gas Melon Subsidi

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.com | Polres SITUBONDO Polda Jatim merespon keluhan masyarakat terkait sulitnya mendapatkan gas LPG 3 kg dengan melakukan pengecekan pangkalan Gas LPG 3 kilogram di SPBU Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo. Jumat (28/7/2023)

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasatreskrim AKP Momon Suwito Pratomo mengatakan, peninjauan gas LPG 3 kilogram ke pangkalan-pangkalan dilakukan sebagai bentuk antisipasi adanya penyalagunaan penjualan gas bersubsidi LPG 3 Kilogram.

“Kita pastikan dulu agen atau pangkalan, bagaimana penyalurannya sudah sesuai atau belum, apakah ada kendala atau keterlambatan,” ucapnya

Lebih lanjut, AKP Momon menjelaskan, dari hasil survei gas LPG 3 kilogram di pangkalan SPBU Panji, guna pengawasan terhadap konsumen setiap pembeli harus menggunakan KTP dan per harinya diberikan 1 tabung .

“Tidak ada kenaikan harga LPG 3 kilogram di pangkalan SPBU Panji, masih sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) dan sesuai dengan Peraturan Gubernur,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H.menegaskan bahwa, pihaknya juga akan melakukan penyelidikan penyalahgunaan LPG 3 kilogram subsidi. Sebab, LPG Bersubsidi ini hanya boleh digunakan untuk rumah tangga. Dan tidak boleh digunakan oleh pelaku usaha menengah atas.

Bahwa kegiatan ini dilakukan untuk melakukan pengawasan dan pengecekan LPG 3 kg mulai dari SPBE , agen dan pangkalan yg kita lakukan serentak di wilayah barat tengah dan timur di wilayah Situbondo guna memastikan penyaluran LP3 diwilayah Situbondo berjalan lancar tidak ada kendala maupun tidak ada penyalahgunaan LPG subsidi .

“Kita akan tetap melakukan pengawasan secara komperhensif mulai pengisian sampai pendistribusian , apabila ada pelaku usaha yang terbukti menggunakan LPG bersubsidi ini akan kita lakukan pennindakan sesuai peraturan,” AKBP Dwi Sumrahadi

Sementara itu, Heri pengawas pangkalan Gas LPG 3 kilogram di SPBU Panji mengatakan, masyarakat yang akan membeli LPG 3 kilogram diwajibkan menggunakan KTP. “Satu KTP untuk pembelian satu tabung gas LPG 3 kilogram,” terang Heri.

Lebih lanjut, Heri menjelaskan bahwa, dalam sehari jatahnya hanya sebanyak 150 tabung gas LPG 3 kilogram dan pengirimannya di bagi sehari dua kali. “Sebanyak 150 gas LPG tabung melon hanya dalam waktu beberapa jam saja habis terjual. Kalau yang non subsisi dari 50 tabung paling yang laku cuman 2 tabung,” jelas Heri (RH)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait