Sylviana Murni Desak Pemerintah Prioritaskan Pendirian Posko Bantuan di Daerah Bencana

  • Whatsapp

JAKARTA. Beritalima.com– Bencana alam yang sejumlah daerah di tanah air seperti di Pulau Sulawesi, Kalimamtan Jawa dan Nusa Tenggara mengundang keprihatian kita sebagai anak bangsa. Soalnya, bencana itu tidak hanya menelan korban harta dan nyawa tetapi juga pengungsian.

Berdasarkan informasi, tidak sedikit, pengungsi mengalami sakit seperti batuk, sesak nafas dan gatal-gatal. Itu merupakan sering dikeluhkan. Ini diperburuk musim penghujan. Ya, kondisi itu menyebabkan pengungsi rentan terkena penyakit.
Ketua Komite III DPD RI,
Prof Dr Sylviana Murni menyatakan keprihatinan kondisi di atas.  Menurut senator Dapil Provinsi Jakarta itu, Pemerintah harus memprioritaskan pendirian posko bantuan sosial dan pelayanan kesehatan (yankes) di semua daerah bencana. Pendirian posko sangat membantu meringankan penderitaan korban bencana.

Selain itu, semua pihak juga harus melakukan sinergi dalam pembentukan posko bantuan sosial dan posko yankes. “Keterlibatan Pemerintah, baik pusat maupun daerah, swasta, relawan sosial-kesehatan memperkuat fungsi posko sehingga optimal melayani para korban,” kata Sylviana dalam keterangan yang diterima awak media, Rabu (20/1).

Dalam konteks parlemen, kata dia, DPD RI berkomitmen untuk mengawal dan memantau penyaluran bantuan maupun layanan kesehatan di semua daerah terdampak. Hal ini merupakan komitmen sebagai representasi masyarakat dan daerah. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait