Tanah Longsor Rusak 2 Rumah dan 1 Kandang Kambing

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com | Sekira pukul 10.00 Wib hujan deras yang mengguyur desa Gondowulan kecamatan Kepil akibatkan 2 rumah dan 1 kandang kambing rusak karena longsor. 2 rumah tersebut milik Kharudin (80) dan Sumirah (43) dan 1 kandang kambing mlik Nurohman warga dusun Gawis Wetan Rt. 03 Rw. 09 desa Gondowulan hanya rusak ringan.

Disampaikan Danramil Kepil Kapten Inf Sugeng Hariyanto mendengar adanya tanah longsor yang mengakibatkan 2 Rumah dan 1 kandang kambing rusak ringan, langsung memerintahkan Babinsa untuk mengecek longsor di Desa Gondowulan.

Bacaan Lainnya

“Dari hasil pengecekan tersebut diketauhui adanya rumah longsor milik Kharudin dan Sumirah serta 1 kadang kambing milik Nurohman warga setempat. Adapun nominal kerugian saat ini masih dalam perhitungan dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.” Jelasnya pada Minggu (01/03)

Lebih lanjut, melihat situasi dilapangan yang belum memungkinkan untuk memberikan pertolongan karena hujan masih turun maka Babinsa Gondowulan didampingi oleh anggota Polsek dan BPBD memberikan pengarahan tentang bahaya tanah longsor dan cara penanganan sementara. Mengingat saat ini cuaca masih hujan menghimbau kepada masyarakat yang bertempat tinggal di tempat yang rawan longsor supaya meningkatkan kewaspadaan karena masih dimungkinkan akan terjadi longsor lagi.” Ujar Danramil

Danramil berpesan agar semua warga untuk saling peduli melihat kondisi sekitar khususnya jika ada retakan tanah, ada genangan air atau saluran yang tersumbat itu merupakan salah satu tanda atau penyebab terjadinya tanah longsor. Untuk itu jika melihat hal tersebut maka segera mengambil langkah untuk segera melaporkan ke aparat desa setempat agar segera diambil tindakan yang tepat.” Tandas Kapten Inf Sugeng Hariyanto.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Gondowulan, mengatakan terjadi tanah longsor tersebut akibat curah hujan tinggi. Dalam giatnya anggota Polsek Kepil bersama anggota Koramil kepil dibantu SAR Kepil dan masyarakat membantu mengevakuasi barang-barang milik warga dan berkoordinasi dengan Kades/pemdes setempat dan anggota DPRD Wonosobo. Adapun kerugian material kurang lebih Rp. 200.000.000 (dua ratus juta rupiah).

Bhabinkamtibmas menghimbau kepada masyarakat harus selalu berhati-hati dan tetap waspada. Diperkirakan ada beberapa rumah yang rawan kena dampak longsor susulan bagian atas dan bagian bawah. Sebelum terjadi longsor susulan diharapkan warga untuk mengungsi sementara di rumah kerabat/di tempat yang aman sewaktu hujan dengan curah tinggi.” Beber Bripka Gigih Setyaji. (Rjt-05 Budi).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait