Tanggul Pelabuhan Probolinggo Rawan Longsor, Pemilik Kapal Cemas

  • Whatsapp

Probolinggo.Beritalima.com
Tanggul pelabuhan Probolinggo rusak parah. Tanggul peninggalan jaman kolonial itu, membuat para pemilik kapal cemas. Pasalnya, mereka khawatir tanggul longsor dan menutupi alur pela5yaran menuju dermaga pelabuhan. “Walaupun jalan ke tanggul itu sudah tembok oleh Syahbandar, tapi itukan masih bahaya untuk kapal,” kata salah seorang pemilik kapal, Rabu (22/02/2017).

Karena, menurutnya, jika tanggul itu sampai longsor dan masuk ke alur, otomatis perairan tersebut menjadi dangkal. “Dan itu bisa membuat kapal kandas,” kata salah seorang pemilik kapal.

Dia khawatir, jika pihak pelabuhan membiarkan hal itu berlarut-larut, dapat mengganggu kelancaran transportasi laut stempat. Mengingat, pelabuhan Probolinggo menjadi akses transportasi laut satu-satunya warga pulau Gili Ketapang, Kabupaten Probolinggo, yang hendak beraktifitas di Probolinggo. “Setiap hari ratusan warga pulau Gili Ketapang datang dan pergi dari sini,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia menambahkan, jika tanggul penahan itu longsor, maka bisa dipastikan kapal motor yang hendak melakukan kegiatan bongkar muat di pelabuhan juga akan terganggu. Karena, sudah pasti kapal-kapal tersebut tidak dapat melewati alur pelabuhan. “Lalu siapa yang dirugikan jika itu benar-benar terjadi,” tambahnya.

Ia meminta pihak pelabuhan Tanjung Tembaga tanggap, ketika ada permasalahan. Agar tidak ada pihak yang dirugikan. “Jangan menunggu longsor dan ada korban. Cepat diperbaiki,” pungkasnya.

Sementara itu, hingga kini pihak Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo masih belum dapat dikonfirmasi. (Tim)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *