Tekan Angka Pertumbuhan Penduduk, Pemkab Situbondo Beri layanan Gratis KB MKJP

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat menghadiri KB MKJP. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo mengadakan layanan keluarga berencana dengan metode kontrasepsi jangka panjang (KB -MKJP), Senin (21/6/2021). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0823.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, kegiatan KB MKJP dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka hari keluarga nasional (Harganas). Tujuannya untuk menekan angka pertumbuhan penduduk dan pernikahan dini di masyarakat Kota Santri.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara serentak dengan target sejuta akseptor. Sehingga, kita berharap masyarakat sadar akan pentingnya ikut KB. Selain itu juga, mengurangi stunting,” ujar bupati.

Pihaknya menjelaskan, terdapat tiga kegiatan dalam KB MKJP sejuta akseptor ini. Antara lain, medis operasi pria (MOP) dengan jumlah peserta 25 laki-laki, implant (susuk KB) dengan jumlah peserta kurang lebih 80 perempuan dan medis operasi wanita (MOW) yang diikuti tiga perempuan.

“Agenda ini kita lakukan sebagai upaya nyata menekan angka pertumbuhan penduduk dan menurunkan angka stunting. Khusunya di Kabupaten Situbondo. Untuk yang MOW dilaksanakan di RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo,” paparnya

Lebih lanjut, Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengungkapkan, program KB MKJP diberikan secara gratis kepada masyarakat Situbondo.

“Kegiatan ini tidak dipungut biaya apapun,” tutupnya. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait