Telkomsel Gelar Digital Creative Entrepreneurs Ketiga, Pendaftaran Masih Dibuka

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Telkomsel komitmen dorong akselerasi transformasi digital pada sektor Usaha Kecil Menengah (UKM). Ini dibuktikan dengan rutin menggelar program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) melalui program corporate social responsibility (CSR).

Program DCE ini berfokus membuka lebih banyak peluang dengan mengambil peran sebagai platform akselerasi untuk meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan kreativitas digital para pelaku UKM di Indonesia.

Dengan mengusung tema “Upgrade to Accelerate”, DCE ketiga ini memulai rangkaian programnya dengan sosialisasi di Kunokini Café & Resto Surabaya, Rabu (24/1/2024). Sebanyak 140 pelaku UKM di wilayah Surabaya dan sekitarnya mengikuti kegiatan ini.

General Manager Consumer Business Region Jawa Timur Telkomsel Kuntum Wahyudi mengatakan, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah pada tahun 2021, jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61% atau lebih dari Rp 8.500 triliun.

Para UMKM ini juga mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja dan mampu menghimpun hingga 60% dari total investasi di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Meskipun demikian, tercatat baru sekitar 17,5 juta pelaku UMKM atau 27% saja yang masuk ke ekosistem digital dan memanfaatkan e-commerce. “Padahal dengan menggunakan teknologi digital secara optimal dalam menjalankan bisnisnya, UMKM bisa memperoleh sejumlah manfaat untuk mengembangkan bisnis dan daya saingnya,” tutur Kuntum.

“Karena itu, Telkomsel hadir melalui DCE untuk menjadi bagian dari solusi kesenjangan digital ini,” jelas Kuntum.

Pada acara roadshow ini, Telkomsel menghadirkan sejumlah pembicara yang juga pelaku UKM sekaligus alumni DCE, di antaranya Founder “Ayam Darmojo” Ryan Prabowo, 3rd DCE Head Mentor dan Founder “Amygdala Bamboo” Harry A. Mawardi, dan Founder “Dus Duk Duk” Duk Arif Susanto.

Telkomsel membuka pendaftaran program DCE hingga 27 Februari 2024 bagi UKM dari empat kategori Accelerate SME Tracks, yaitu F&B, Fashion, Craft, dan Personal Care.

Upaya akselerasi pertumbuhan bisnis UKM dalam program DCE ke-3 akan dilakukan melalui kegiatan Onboarding bagi 300 peserta terseleksi dari seluruh pendaftar untuk mengenal lebih jauh ekosistem digital Telkomsel dan pemanfaatannya untuk pengembangan usaha.

Kegiatan Pitching Tracks bagi 32 peserta terpilih untuk penilaian business plan dan pemanfaatan digital dalam usahanya, kegiatan Academy bagi 12 peserta unggulan untuk membangun kapasitas bersama mentor dan ahli, serta interaksi secara offline, dan kegiatan Awarding untuk final pitch dari 5 peserta terbaik.

Dihadirkan sejak 2021, hingga tahun ketiga pelaksanaannya program DCE telah mendukung pengembangan lebih dari 2.500 UKM lokal dan mencatatkan hingga 350 UKM terbaik sebagai alumninya.

“Semoga program DCE dapat mendukung UKM lokal agar dapat mencapai potensi maksimalnya, menciptakan dampak melalui inovasi yang inspiratif, serta memperkuat daya saing mereka di era ekonomi digital, baik di tingkat nasional maupun global,” pungkas Kuntum. (Gan)

Teks Foto: General Manager Consumer Business Region Jawa Timur Telkomsel Kuntum Wahyudi ajak selvie 140 peserta program DCE ketiga di Surabaya, Rabu (24/1/2024)

beritalima.com

Pos terkait