Temukan Ekstrak Untuk Perokok Pasif, Tim Mahasiswa UWKS Masuk Final PIMNAS

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Tim Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) berhasil lolos Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa – Riset Eksakta (PKM-RE) 2023 dan masuk Final Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2023.

Tim yang terdiri dari Johanes Aprilius Falerio Kristijanto, Viky Nauvalia Zahiroh dan Anang Triadi dengan Dosen Pendamping Nur Khamidah SKM MPH ini, Rabu (22/11/2023) dilepas Rektor UWKS Prof Dr H.l Widodo Ario Kentjono dr Sp THT-KL (K) FICS untuk berangkat ke Universitas Padjadjaran Bandung, tempat penyelenggaraan Final PIMNAS pada 26 Nopember sampai 1 Desember 2023.

PIMNAS 2023 adalah event rutin tahunan yang diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tehnologi. PIMNAS 2023 akan diikuti 125 tim finalis dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia.

Ke-125 tim tersebut terbagi dalam 8 kategori. Mereka lolos ke PIMNAS 2023 setelah berkompetisi dengan 500 tim melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Ke-500 tim ini sendiri terseleksi dari sekitar 30.000 proposal tim yang masuk ke panitia.

Karena ketatnya penjaringan tersebut, masuknya Tim UWKS sebagai salah satu Finalis PIMNAS 2023 ini sangat disyukuri dan dibanggakan jajaran akademisi UWKS. “Saya bangga dengan kalian. Kalian telah mengharumkan nama UWKS,” ucap Prof Widodo.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UWKS Edi Krisharyanto mengatakan, UWKS sendiri awalnya mengirimkan 85 proposal/tim yang masing-masing sudah diberikan pendampingan, coaching dan pelatihan-pelatihan. Namun, karena pesertanya sangat banyak, hingga mencapai 30.000 proposal, dari UWKS lolos 1 tim ini.

Edi mengakui, kompetisi di ajang penelitian ini sangat ketat. Perguruan tinggi di Surabaya banyak yang tidak lolos. Dan yang lolos, masih menurut Edi, hampir semuanya dari Perguruan Tinggi Negeri. “Karena ketatnya penilaian, meski masih harus bersaing di Final PIMNAS, lolosnya tim FK UWKS ini bagi kami sudah menang,” ujar Edi.

Dia menambahkan, keberhasilan Tim UWKS yang berhasil menciptakan herbal penangkal bahaya perokok pasif ini baru pertama kali di jaman Rektor UWKS Prof Widodo, setelah UWKS pernah lolos di ajang penelitian tingkat nasional tahun 2016.

Sementara itu, Nur Khamidah SKM MPH selaku dosen pendamping, optimis Tim FK UWKS ini bakal juara di PIMNAS 2023. Setidaknya masuk tiga besar. Nur Khamidah berkeyakinan demikian, karena tim yang bukan baru kali ini didampingi ini justru telah berprestasi di tingkat internasional. Dan lagi, untuk PIMNAS 2023, tim ini sudah dipersiapkan cukup lama.

Johanes Aprilius Falerio Kristijanto sebagai Ketua Tim menyatakan sangat siap berkompetisi di Final PIMNAS 2023. Menurutnya, fasilitas di UWKS seperti laboratorium sangat menunjang kesiapannya. Juga support para dosen dan rektor serta staf kemahasiswaan UWKS sangat mendukung.

Mengenai hasil penelitian dia bersama tim, yang diberi judul “Ekstrak Peperomia Pellucida Sebagai Inovasi Dalam Atenuasi Fibrogenesis Paru Tikus Selama Mendapat Pajanan Asap Rokok (Perokok Pasif)” telah berulang-ulang diuji dan terbukti kebenarannya.

“Harapan kami bagaimana perokok pasiv bisa terlindungi,” ucap mahasiswa semester 3 FK UWKS ini.

Rektor UWKS Prof Dr H.l Widodo Ario Kentjono dr Sp THT-KL (K) FICS, di akhir acara menyampaikan pada Tim Mahasiswa UWKS selamat berjuang di Final PIMNAS 2023. “Semoga juara.
Juara 1 alhamdulillah, juara 2 gakpapa,” ujarnya. “Tapi kalau melihat judulnya mestinya sudah juara,” tambahnya.

Prof Widodo mengaku bangga, karena para mahasiswa ini telah mengharumkan institusi UWKS. Menurutnya, prestasi tim ini bisa dicapai karena kerja keras dan kerja sama. Untuk itu, pesan Prof Widodo, jaga kekompakan. (Gan)

Teks Foto: Pelepasan Tim Mahasiswa UWKS ke Final PIMNAS 2023, Rabu (22/11/2023).

beritalima.com

Pos terkait