Terapkan Media Pengelolalan Materi Pembelajaran, Pilihan Abdimas Dosen Ubhara Jaya di Yayasan Yatim Al Mabrur Bekasi

  • Whatsapp

Bekasi, beritalima.com – Profesi dosen diwajibkan untuk melakukan Tri Dharma Perguguran Tinggi yang salah satunya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas). Oleh sebabnya, Civitas akademika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) terdiri dari Aida Fitriyani, S.Kom., MMSI., Andy Achmad H., S.T., S.Sos.,MTI., Prima Dina, S.Kom., M.Kom dan Rafika Sari, S.Si.. M.Si. melakukan Abdimas tesebut dengan mengadakan pelatihan.

Abdimas tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2021 melalui daring dengan tema “Pelatihan Pengunaan Pengelolaan Media Pembelajaran berbasis Web pada Yayasan Yatim Piatu Dhuafa Al-Mabrur Kabupaten Bekasi”. Acara Abdimas tersebut dibuka dengan sambutan oleh Ketua Tim yakni Aida Fitriyani, yang diikuti oleh pembina santri dan para santri yang berjumlah 20 anak santri.

“Sudah menjadi kegiatan rutin dan kewajiban dosen UBHARA yang harus berkontribusi dengan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat luas dengan menerapkan teknologi yang diharapkan dapat membantu pelaksanaan kegiatan belajar khususnya di Yayasan ini”, demikian disampaikan Aida paggilan akrabnya itu.

Lebih lanjut Aida menjelaskan bahwa pada era transformasi digital, kegiatan belajar dimanapun seharusnya dapat didukung dan teknologi yang akan ikut memajukan aktifitas pendidikan khususnya di Yayasan yang ia tempati Abdimas tersebut.

“Sistem aplikasi yang dirancang sendiri oleh tim dosen ini bertujuan agar tim pendidikan di Yayasan Al Mabrur dapat mengelola materi-materi pembelajaran dengan mudah, mengatur hak akses atas materi dan membuatkan akun login bagi para anak santri untuk membaca materi-materi pembelajaran tersebut. Para pengajar dan pembina santri juga dapat memantau materi-materi apa saja yang sudah dibaca oleh para santri disertai informasi kapan santri tersebut membaca materi yang diberikan,” sambung Aida.

Acara Abdimas itu dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pembina Santri Yayasan Al-Mabrur, Ustadz Abi Iwan Darmawan. Ia dan jajaran pengurus Yayasan mengaku bersyukur dan berterima kasih atas pelaksanaan Abdimas oleh dosen Ubhara Jaya tersebut.

“Kami sangat bersyukur diberikan kesempatan untuk mendapat ilmu dari dosen-dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, yang tentu saja akan menambah pengetahuan dan wawasan bagi pembina dan para santri di sini”, terang Ustadz Abi Iwan Darmawan.

Perlau juga diketahui, kegiatan Abdimas daring tersebut dimoderatori oleh Prima Dina dan diikuti dengan serius dan antusias oleh pembina yayasan dan para santri. Kemudian, materi penjelasan dan praktek penggunaan pengelolaan media pembelajaran berbasis web itu disampaikan oleh anggota Tim lain Andy Achmad H., juga dibantu oleh Rafika Sari.

Yayasan Al-Mabrur tempat Abdimas tersebut, saat ini memiliki anak didik atau santri sebanyak 47 anak didik yang terdiri dari 20 anak putra dan 27 anak putri, yang usianya dijenjang SD, SMP dan SMA. Yayasan ini beralamatkan di Gg. Kramat, Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Andy Achmad menjelaskan bahwa materi yang disampaikan pada pelatihan tersebut adalah hal-hal yang dapat menunjang dan mempermudah proses pembelajaran pada yayasan tersebut.

“Semua fitur dari sistem aplikasi, mulai dari pembuatan master data yakni data lengkap santri, akun untuk login, media pembelajaran, mengunggah materi pembelajaran, mengatur hak akses setiap materi dan mengakses pelaporan aktifitas santri dalam mengakses atau membaca materi-materi pembelajaran tersebut,” sebut Andy Ahmad.

Dijelaskan Andy Achmad, pada pelatihan itu, dipraktekan juga mengakses dan membaca beberapa materi pembelajaran tersebut berbasis web, diantaranya adalah materi tentang bahasa arab, akidah dan fikih islam. Kemudian, jelas Andy Achmad, juga dilakukan quiz yang juga dapat diakses dari media tersebut.

“Diharapkan dengan media pengelolaan materi pembelajaran berbasis web ini diharapkan dapat membantu mengoptimalkan kegiatan belajar khususnya di Yayasan Al Mabrur Kabupaten Bekasi tersebut,” pungkas Andy Achmad.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait