Terlalu Boros? Kelola Keuanganmu dengan Cara Ini

  • Whatsapp

Sebagai manusia, kita tentu saja perlu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Apalagi dewasa muda sekarang ini sepertinya banyak hal yang harus dipenuhi. Bagaimana bila semakin hari keuangan kita semakin tidak terkontrol? Padahal kita merasa sudah membeli yang menjadi kebutuhan. Namun, tetap saja pengeluaran keuangan kita meledak.

Sayangnya, mengelola keuangan bukanlah mata pelajaran wajib yang harus kita pelajari baik di sekolah mau pun perguruan tinggi. Kurangnya pengetahuan tentang keuangan ini membuat banyak orang, khususnya orang dewasa tidak mengerti tentang bagaimana mengelola keuangan mereka, mengajukan kredit, dan mendapatkan atau menghindari utang.

Di beberapa negara, sudah menerapkan siswa sekolah menengah untuk mengambil kursus keuangan pribadi dan mengharuskan mereka untuk mengambil kelas ekonomi. Setidaknya, itu akan membantu generasi-generasi berikutnya dalam mengatur keuangan mereka di masa depan.

Untuk yang sudah memasuki fase dewasa, jangan sedih. Mari kita lihat empat hal terpenting untuk memahami tentang keuangan. Kiat-kiat keuangan ini disusun untuk membantumu menjalani kehidupan dengan keuangan terbaik.
1. Pelajari Pengendalian Diri
Jika kamu beruntung, orang tuamu akan mengajari keterampilan ini ketika kamu masih kecil. Jika tidak, ingatlah semakin cepat kamu mempelajari seni menunda kepuasan, semakin cepat kamu akan merasa mudah untuk mengatur keuangan pribadi.
Meskipun terkadang akan dengan mudah membeli barang secara kredit begitu kamu menginginkannya, lebih baik menunggu sampai benar-benar menabung uang untuk pembelian barang tersebut.
2. Kendalikan Masa Depan Keuanganmu
Jika kamu tidak belajar mengelola keuanganmu, mungkin kamu akan terperangkap pengelolaan keuangan yang salah dari orang lain. Beberapa orang ini mungkin berniat tidak baik, seperti perencanaan keuangan berbasis komisi yang tidak bermoral.
Alih-alih mengandalkan nasihat orang lain, lebih baik bacalah beberapa buku dasar tentang keuangan pribadi. Setelah dibekali dengan pengetahuan, jangan biarkan siapa pun membuatmu lengah, seperti orang yang dianggap penting perlahan-lahan menguras isi rekening bank atau teman-teman yang ingin keluar dan menghabiskan banyak uang bersama mereka tiap akhir pekan.
3. Tahu Ke Mana Uangmu Pergi
Setelah membaca beberapa buku keuangan, kamu akan menyadari betapa pentingnya memastikan pengeluaran tidak melebihi pendapatan. Cara terbaik melakukannya adalah dengan penganggaran. Menjaga pengeluaran bulanan dengan seminimal mungkin juga dapat menghemat banyak uang dari waktu ke waktu.
4. Mulai Dana Darurat
Tidak peduli berapa banyak utangmu di kartu kredit, tidak peduli berapa nominal penghasilanmu, sisihkan sejumlah uang sebesar apa pun untuk disimpan dalam anggaran dana darurat setiap bulan. Memiliki uang tabungan untuk digunakan dalam keadaan darurat dapat membantumu keluar dari masalah finansial. Jika kamu terbiasa menabung dan menganggapnya sebagai pengeluaran bulanan yang wajib dilakukan, kamu sudah mempunyai uang pensiun, uang liburan, atau bisa membeli uang muka rumah.

Tidak perlu gelar mewah atau latar belakang yang khusus. Siapa pun bisa menjadi ahli dalam mengelola keuangan. Jika kamu menerapkan cara keuangan ini dalam hidup, kamu dapat menjadi pribadi yang sejahtera.

(Retno Ayuningrum
Politeknik Negeri Jakarta)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait