Pakai Sunscreen Walau Di rumah, Penting Nggak Sih?

  • Whatsapp

Dalam rangka menjaga kesehatan kulit wajah, sunscreen menjadi salah satu barang yang wajib masuk ke dalam rangkaian skincare. Sunscreen atau tabir surya merupakan produk perawatan kulit alias skincare sebagai pelindung dari sinar matahari yang wajib dipakai sebelum keluar rumah. Dengan begitu, risiko terjadinya kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari bisa dihindari. Nah, bagaimana jika kita hanya berada di dalam rumah saja? Penting nggak sih dipakai?.

Sebagian orang akan berpikir jika berada di dalam rumah tidak perlu menggunakan sunscreen. Apalagi ketika cuaca sedang mendung pastinya akan melewatkan penggunaannya. Padahal sebenarnya, walau hanya di rumah saja sunscreen tetap harus dipakai. Sebab, meski kita tidak terkena cahaya matahari secara langsung, tetapi sinar UV tetap saja bisa masuk ke dalam ruangan rumah dari sela-sela kaca jendela ataupun pintu. Selain itu juga, sinar UV dapat memberikan efek yang buruk bagi kulit jika terus menerus tidak memakai sunscreen.

Bahaya akibat dari sinar matahari yaitu menyebabkan kulit terbakar, penuaan kulit seperti mempercepat munculnya keriput, flek hitam bahkan sampai bisa terkena kanker kulit. Makanya, walau hanya di rumah saja, tidak ada salahnya jika kita tetap mencegah hal buruk dari sinar matahari dengan memakai sunscreen.

Saat ingin pergi keluar rumah, biasanya digunakan 15-30 menit sebelum keluar rumah. Sunscreen yang digunakanan mengandung SPF dengan jumlah yang tinggi seperti SPF 50. Sementara jika hanya di dalam ruangan, SPF yang butuhkan lebih kecil seperti SPF 15 atau 30.
Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Universitas Indonesia, Litya Ayu Kanya Anindya kemudian menyarankan agar mengoleskan tabir surya tidak terlalu tipis. Pasalnya, SPF (Sun Protector Factor) yang terkandung dalam produk, salah satunya dipengaruhi tebalnya tabir surya yang digunakan.

“Pakai sunscreen jangan terlalu tipis karena SPF (Sun Protector Factor) yang tertulis di dalam produk itu juga dipengaruhi oleh banyaknya atau tebalnya tabir surya yang digunakan,” ujarnya.
Selain itu, walaupun hanya berada di dalam rumah juga kita harus selalu menggunakan skincare meski hanya basic skincare. Apa sih basic skincare itu? Basic skincare adalah rangkaian penggunaan perawatan kulit yang paling mendasar. Yang mana terdiri dari sabun cuci muka, pelembab, dan sunscreen. Memakai basic skincare dengan baik dan rutin berfungsi sebagai pendukung kinerja kulit kita. Namun ketiga rangkaian tersebut dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing.

Tips memakai sunscreen yang tepat walau di rumah yang perama kocok sunscreen sebelum dipakai. Kedua, oleskan sunscreen sebanyak dua ruas jari. Ketiga, oleskan dengan rata secara menyeluruh. Selanjutnya, tunggu hingga menyerap kulit. Terakhir, aplikasikan secara berulang setiap tiga jam. Jadi, mulai sekarang pakailah sunscreen serta basic skincare agar kulit kita terlindungi dan tetap terawat.

Penulis: Rofifah Hanna Luthfiah
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait