Terungkap Misteri, Ingat Wonosobo Ingat Choty

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com – Negeri di atas Kahyangan, istilah yang tepat untuk daerah pegunungan tertinggi se-Jawa ini. Daerah ini tak asing bagi para wisatawan, terbukti dari seantero Indonesia bahkan dunia datang untuk menikmati keindahan panorama alam hingga wisata budaya dalam satu rangkaian perjalanan wisata. Kabupaten yang bersinergi dengan tetangganya ini benar-benar ingin menciptakan Wonderful pesona Indonesia. Lokasi wisata yang wajib dikunjungi di daerah ini adalah Kawasan Wisata Dieng, dengan panorama alam berupa Telaga Warna, Kawah Sikidang, Gardu Pandang Ratapan Angin, Bukit Si Kunir, Bukit Si Dengkeng dan situs budaya berupa candi dalam satu lokasi menambah daya tarik tersendiri. Bahkan sebelum mencapai kawasan Dieng sudah disuguhkan Kawasan Wisata Telaga Menjer yang berupa Puncak Seroja serta hamparan perkebunan Teh Tambi.

Perasaan kuatir akan tersesat di jalan seperti kejadian beberapa waktu ini sering dialami oleh beberapa wisatawan yang menggunakan aplikasi peta baca www.beritalima.com/2018/01/03/tersesat-akibat-aplikasi-peta/, adanya rasa kurang aman dan tidak nyaman selama berwisata, dan kurangnya informasi untuk mengeksplore suatu lokasi wisata menjadi kendala yang sering dihadapi oleh wisatawan. Kehadiran seorang yang dapat dipercaya untuk memberi rasa aman dan nyaman sebab keselamatannya selalu dijaga agar terhindar dari segala keadaan yang mungkin dapat merugikan serta ada yang memberi penjelasan, informasi, dan penerangan tentang apa saja yang dikunjunginya maka kehadiran pramuwisata sangat diperlukan. Pasalnya pramuwisata atau guide adalah orang yang menemani, membimbing dan memberi info pada kita yang tengah mengadakan kegiatan wisata sehingga kita benar-benar dapat menikmati kegiatan berwisata. Ia seperti kompas yang mengarahkan kita saat melakukan wisata ke suatu tempat.

Salah satu pemandu wisata di Wonosobo yang sudah tak asing dalam melayani tamunya dengan penuh perhatian, pandai bergaul, periang, jujur dan dapat dipercaya, penuh inisiatif, humoris, suka menolong, empati, dan dapat memimpin dalam rangkaian berwisata. Dia adalah Chotimah dan oleh tamunya sering dikenal dengan nama mbak Choty.
Wanita cantik yang ramah ini mengungkapkan walaupun baru seumur jagung menjadi pemandu wisata namun dari hari ke hari tamu yang ingin diantarkan ke berbagai lokasi wisata kota tempe kemul ini semakin bertambah. “Alhamdulillah, walaupun baru setahun terjun di dunia pariwisata ini kian hari makin banyak wisatawan yang minta kulayani,” ucap syukur wanita jebolan Diklat HPI Wonosobo ini.

Apa yang diucapkannya bukan isapan jempol belaka, terbukti pelanggannya dari berbagai daerah memiliki kesan tersendiri. Seperti Paulin dari Jakarta ini yang berwisata bersama keluarga besarnya, “Gara-gara mbak chotey, semuanya sangat berkesan.” Ujar wanita cantik ini. “Hahaha… aku tersenyum-senyum sendiri kalau lihat foto waktu di sana.” Tawanya yang renyah.

Sementara itu, pengalaman berbeda dialami oleh Mono bersama teman-teman komunitasnya dari Semarang waktu bersama guide cantik ini. “Puas sangat puas … selama berwisata dengannya, kami sangat menikmati. Ini yang namanya benar-benar berwisata, panoramanya wonderfull, sajian hiburannya mengasyikkan bahkan diwaktu kita sedang menikmati semuanya masih diingatkan sudah waktunya sholat. Hmm.. Puas deh !” ujarnya sambil mengacungkan jempol. “Selama di sana kami menginap di Homestay Adeeva, hmm… lain kali pasti akan kembali ke sini lagi.” Pungkasnya dengan mimik puas.

“Ah ! biasa saja mas, Sejak di diklat dalam pemberian layanan ke para wisatawan harus seperti itu.Kebetulan yang melatih mas Canux dimana beliau owner dari biro Masdarwis.” Ujarnya tersipu malu. “Saat ini saya punya program bagi adik-adik PAUD dan TK agar lebih mengenal dan mencintai budaya daerah serta lingkungan sekitar. Seyogyanya mereka diajak untuk outing class ke Deswita (Desa Wisata Giyanti). Mereka akan diajak melihat produksi topeng dan kuda lumping, melihat produksi woll, bermain karawitan serta memberi makan ternak. Pokoknya mengasyikkan dan memberi pengalaman tersendiri bagi mereka. Makanya Ingat Wonosobo Ingat Choty ya di 082221055892,” jelasnya dengan senyuman khasnya. (Gus Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *