Thoriqul Haq Lakukan Kordinasi Balai Besar Jalan Nasional

  • Whatsapp

LUMAJANG, Beritalima.com|
Hari ini, saya meminta waktu audiensi dengan Balai Besar Jalan Nasional di Surabaya, untuk mengkonfirmasikan proses penanganan jalan nasional di Lumajang yang mengalami rusak berat. Demikian penjelasan yang disampaikan oleh bupati Lumajang Thoriqul Haq.

“Saya sampaikan beberapa jalan nasional yang mengalami kerusakan berat ada di Candipuro, Pasirian, Tempeh, Jalan Pelita, yang harus segera ada penanganan perbaikan. Ada yang semua aspal mengelupas, ada yang bergelombang, ada yang berlubang. Salah satu persoalan yang mendasar adalah tonase kendaraan truk pasir yang melebihi kapasitas, apalagi banyak truk fuso dengan kekuatan 50 hingga 55 ton yang melintas setiap hari. Selain itu juga, karena akibat curah hujan yang tinggi dan air yang sering menggenang,” terang politisi PKB ini.

“Saat ini, sedang dilakukan telaah desain perbaikan dan pengajuan pembiayaan dari APBN yang tidak sedikit. Pilihannya di perbaiki atau di rekonstruksi. Apabila di perbaiki hanya bisa bertahan 4 sampai 6 bulan, tentu dengan keadaan kapasitas lalu lintas yang sangat berat. Yang paling bisa diharapkan adalah rekonstruksi kekuatan jalan, dengan anggaran APBN yang cukup besar. Saya berharap ada percepatan perbaikan khususnya di beberapa titik kerusakan jalan yang sudah sangat parah,” sambung mantan anggota DPRD provinsi Jatim ini.

Thoriq menambahkan bahwa saat ini, Balai Besar Jalan Nasional juga sedang menuntaskan prioritas pelebaran jalan nasional di Klakah dan Ranuyoso untuk mengurai kepadatan yang sering terjadi kemacetan karena sempitnya jalan.(Yul)

beritalima.com

Pos terkait