Tidak Saja Sebagai Kasek SMANEPA Tapi Multitalent Juga Mengenali Siswa Entepreneur

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Dua tahun kedepan dipastikan purna bhakti sebagai abdi negara di dunia pendidikan namun dibalik menghadapi masa purna itu, tidak saja mengemban jabatan sebagai Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri Plandaan (SMANEPA) Kabupaten Jombang, ternyata multitalent yakni memiliki juga jiwa seni, entepreneur dan mampu beradaptasi dengan masyarakat sekitar Plandaan.

Akhir ini Drs. Joko Priono, S.Pd., M.MPd selaku Kasek SMANEPA memberi penyegaran bagi siswa SMANEPA 10, 11, dan 12 melakukan Tapak Tilas sepanjang kurang lebih 15km dengan rute dari SMAN Plandaan – Plabuhan – Sumberpelas – Dusun Jambe (Kebun Klengkeng) lalu kembali sekolah tersebut.

Tapak tilas diikuti 40 orang siswa siswi, dengan keluh kesah yang beragam, namun diungkapkan Baskara, putra SMA Negeri Plandaan Kelas XI menyatakan bahwa jalan tapak tilas itu kurang puas alias kurang jauh tapi dengan bagaimanapun merasa senang setelah belajar tatap muka selama satu bulan dilakukan kegiatan tapak tilas dibanding sebelumnya belajar secara daring di rumah selama masa Covid-19.

Selain itu diungkapkan Priono, saat siswa – siswi kumpul di kebun klengkeng, diberikan gambaran sedikitnya mengenal dunia entepreneur. Dikatakan Kasek SMANEPA lebih baik jadi direktur dibanding menjadi kuli, kalau jadi direktur berarti punya usaha sendiri dan bisa mengembangkan usahanya.

“Mungkin nanti kalian akan mengalami urip mati salah satunya berwira usaha. saya pamerkan sego pincukan, yang dimiliki murid saya sekarang sudah sarjana terus berusaha mengolah otaknya supaya laku, harga naik 1000 saja berinovasi membuat sesuatu supaya harga naik tapi tanpa terasa orang,” terang Priono.

Lebih lanjut diungkapkan Suwarno, pemilik kebun klengkeng turut memberi motivasi kepada siswa agar bisa berusaha apapun bentuk usahanya. Dan bisa memanage, hingga tahu ilmu entepreneurnya (ilmu bisnisnya).

“Skill nomor dua, yang pertama ilmunya karena ilmu tertinggi, skill bisa dibeli, semua karyawan saya banyak yang kuliah dan digaji. Jadi jenengan harus tahu ilmu entepreneur, harus bisa memanage dan tidak melarang mau jadi apa asalkan jangan terbawa nafsu,” jelasnya.

Lebih jauh diungkapkan siswa setelah mendapat pengarahan singkat dari Kepala Sekolah dan owner kebun klengkeng di areal perkebunan, sehingga diterima dan diharapkan bisa bermanfaat.

“Saya mengucapkan terima kasih atas ilmu yang diberikan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan bisa menjadikan kita sukses untuk menyenangkan orang tua dan berguna bagi bangsa dan negara,” jelasnya.

Masih ditambahkan Kasek SMANEPA, bahwa sukses itu adalah keinginan yang terlaksana dan jangan muluk – muluk melainkan harus punya target untuk mencapai kesuksesan hingga bisa dilakukan secara bertahap.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait