Tim Ekspedisi BI – TNI-AL, Awali Penukaran Rupiah di Pulau Pagerungan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Doddy Zulverdi bersama Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan ST M.SI CHRMP M.TR OPSLA telah melepas Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2023, Sabtu (7/10/2023) siang.

Dengan menggunakan KRI Surabaya-591, tim berkekuatan pegawai Bank Indonesia dan TNI AL ini berangkat dari Dermaga Koarmada II menuju 5 pulau di wilayah terdepan, terluar dan terpencil (3T), yakni Pulau Pagerungan Besar, Pagerungan Kecil, Tanjung Kiaok, Raas dan Pulau Gili Ginting, sampai Kamis (12/10/2023).

Dengan membawa modal uang layak edar (baru) hampir sejumlah Rp7,8 miliar, di 5 pulau yang semuanya secara administratif masih masuk wilayah Kabupaten Sumenep itu mereka akan melayani penukaran uang rusak dan lusuh dari masyarakat.

Kepala KPw BI Jatim Doddy Zulverdi menjelaskan, pada prinsipnya ERB merupakan layanan penyediaan uang rupiah layak edar melalui kas keliling yang disertai dengan ragam kegiatan yang bermanfaat khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah 3T.

“Ini dilakukan untuk mendukung kelancaran aktivitas perekonomian serta memperkuat koordinasi berbagai pihak demi memastikan uang Rupiah beredar dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah NKRI, khususnya wilayah 3T,” tegas Doddy.

Selain melayani penukaran uang, di pulau-pulau terpencil itu, tim ekspedisi BI dan TNI-AL ini juga siap melakukan edukasi masyarakat supaya terus mencintai rupiah, menggelar bakti sosial dengan menggelar layanan kesehatan berupa pemeriksaan dan pengobatan secara gratis, serta memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada masyarakat melalui Baznas setempat.

Untuk menjalankan misi ini, karena tantangan kondisi geografis di wilayah 3T tidak ringan, kata Doddy, BI bersyukur dan berterimakasih atas sinergitas TNI AL. “Kepada TNI-AL kami ucapkan banyak terima atas sinergi yang telah terjalin erat selama ini,” ucap Doddy.

Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan menegaskan, dalam situasi aman, TNI-AL bersama BI senantiasa siap laksanakan Ekspedisi Rupiah Berdaulat ke pulau-pulau terluar dan terpencil. “Rupiah sebagai simbol kedaulatan negara harus kita jaga,” ujarnya.

“Saya menjamin keamanan dan keselamatan tim ekspedisi ini, sehingga mata uang rupiah yang didistribusikan hingga ke pulau-pulau tersebut jumlah dan kualitas serta kuantitasnya sampai ke masyarakat sesuai rencana,” tegasnya. (Gan)

Teks Foto: Kepala KPw BI Doddy Zulverdi bersama sebagain anggota Tim ERB 2023 di acara seremonial pelepasan di Koarmada II di Surabaya, Sabtu (7/10/2023).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait