Tim Pengawas Orang Asing (PORA) di Wonosobo Dikukuhkan

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com | Komandan Kodim 0707 Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat, bersama Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras S.I.K, Kepala Divisi Keimingrasian Jateng dan Kepala Keimigrasian Wonosobo Ketut Arif melakukan Pengukuhan Tim pengawas orang asing (PORA) bertempat di Hotel Kresna Wonosobo.

Dalam pengukuhan tersebut dijelaskan tentang UU No.6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasiaan bahwa, pengawasan keimigrasian meliputi pengawasan WNI dan WNA terhadap perlintasan atau lalulintas orang asing, keberadaan orang asing ataupun kegiatan orang asing di wilayah Hukum Indonesia.

Bacaan Lainnya

Letkol Czi Wiwid menjelaskan pentingnya dibentuk Tim PORA dengan harapan pengukuhan bukan hanya perencanaan saja tapi butuh aksi nyata, diharapkan semua elemen dapat bekerja sama dengan baiki. TNI, Polri, Asn,bKeimigrasian dan seluruh komponen untuk menjadi jaring. Sinergitas Tim Pora akan turut membantu stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah Wonosobo.

Dandim 0707 Wonosobo juga mengingatkan kepada jajarannya seperti Danramil dan Babinsa, semua tamu undangan untuk senantiasa mengajak kerja sama yang baik agar dalam penanganan dan pengawasan orang asing di wilayah Wonosobo dapat berjalan dengan baik dan sinergis. Sehingga kejadian seperti Human trafficking, peredaran narkoba, penjualan manusia tidak terjadi. dan juga seperti sosial, ekonomi, budaya gangguan stabilitas nasional dapat dihindari dengan adanya sinergitas. ” Paparnya Kamis (19/9).

Keterlibatan TNI dalam hal pengawasan orang asing menjadi salah satu aspek penting dalam menjadikan kegiatan pengawasan berjalan dengan optimal. Hal ini mengingat TNI memiliki personil serta kemampuan menjangkau hingga wilayah pedesaan serta daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau. ” Tandas Letkol Wiwit Wahyu Hidayat. (Budi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *