Tim SFQR Lanal Sangatta Berhasil Evakuasi Korban Tenggelam Di Teluk Lombok

  • Whatsapp

beritalima.com | Tim SFQR Lanal Sangatta yang berada dibawah komando Lantamal VIII, jajaran Koarmada II berhasil melakukan penyelamatan atas musibah yang dialami Wakil Bupati Kutai Timur H. Kasmidi Bulang bersama keluarga saat mancing di perairan Teluk Lombok Sabtu (9/5)

Penyelamatan berawal dari telepon ajudan Wakil Bupati kepada Danposmat Aquatik bahwa kapal yang ditumpangi rombongan, yakni Speedboat bernama Arkazac dengan mesih 250 PK mengalami kecelakaan laut di perairan Teluk Lombok.

Mewakili Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Osben Naibaho, Pelda Sahlang sebagai Danposmat Aquatik yang mendapat informasi tersebut segera berkoordinasi dengan Danposal Muara Sangatta serta personel jaga Posmat Aquatik untuk melakukan pertolongan.

“Begitu mendapat informasi, kami langsung bergerak melakukan pencarian. Menggunakan dua unit speedboat patroli milik Posal Muara Sangatta dan satu milik Pos Aquatik,” ungkap Sahlang.

Lebih lanjut Sahlang mengatakan, sekitar dini hari para korban berhasil ditemukan di perairan Teluk Lombok. Speedboat yang ditumpangi Wabup ada dalam posisi tenggelam dan terbalik. Sementara semua penumpang berada di atas lunas speedboat.

“ Kami lakukan evakuasi dengan dua speed dan semua korban berhasil diselamatkan. Selanjutnya semua korban kami bawa ke dermaga Pertamina di Pantai Teluk Lombok, dan langsung dibawa ke rumah sakit terdekat oleh pihak Polres Kutim,” kata Sahlang.

Dari hasil pemeriksaan diketahui jika speedboat nahas tersebut ditumpangi 10 orang penumpang termasuk salah satunya Wakil Bupati Kutai Timur.

“Dari hasil penggalian informasi dan melihat kondisi kapal, diduga kapal tenggelam karena kebocoran dan lambatnya kru kapal menyalakan pompa pembuangan” ujar Sahlang.

Disisi lain, Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto mengapresiasi atas kinerja tim SFQR Posal Muara Sangatta dan Posmat Aquatic, dalam merespon kejadian tersebut.

“Jatuhnya korban jiwa dapat dicegah karena respon yang cepat. Semoga hal ini bisa terus ditingkatkan dan ditiru oleh prajurit lainnya dalam mendukung tugas pokok Koarmada II, ” tegas orang nomor satu di Koarmada II ini.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait