Timpali Yasonna, Mahfus: Krisis Kesehatan Tak Boleh Jadi Krisis Sosial dan Politik

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua Umum partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Muhammad Anis Matta mengeluarkan Edaran atau perintah kepada seluruh jajaran di provinsi dan kabupaten/kota menggerakkan sumber daya yang dimiliki untuk membantu masyarakat dalam usaha menanggulangi dampak wabah virus Corona (Covid-19).

Hal itu dikatakan Sekretaris Jendral partai Gelora, Mahfus Sidik kepada Beritalima.com, Selasa (9/6) pagi menimpali harapan Menteri Hukum dan Hak Azazi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly dalam pertemuan dengan jajaran Pengurus tingkat Nasional Partai Gelora yang digelar secara virtual melalui Zoom beberapa hari lalu.

Pada kesempatan itu, kata Mahfus menceriterakan pertemuan jajaran Pengurus Nasional partai Gelora, Yasonna berharap partai Gelora mampu memberikan kontribusi nyata dalam membantu negara dan rakyat menghadapi pandemi virus Covid-19 yang tengah mewabah termasuk di Indonesia.

Soalnya, bencana ini mempunyai dampak tidak hanya kesehatan tetapi juga ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat. “Gelora dapat menjadi agen persatuan dan persaudaraan mengingat partai ini memiliki jaringan luas melalui kepengurusan di 34 provinsi, 423 kabupaten/kota dan 3.639 kecamatan di seluruh Indonesia. Saya juga melihat militansi dari kader partai Gelora. Dan, ini merupakan modal besar partai Gelora dalam mengarungi gelombang kehidupan demokrasi di Indonesia,” ucap Yasonna.

Acara serah terima itu dilakukan menyusul telah ditandatanganinya Surat Keputusan (SK) No: M.HH-11.AH.11.01/2020 itu oleh Menkumham 19 Mei 2020. Meeting virtual itu selain diikuti Anis Matta juga unsur Dewan Pertimbangan Nasional dan Pimpinan Mahkamah Partai, Waketum Fahri Hamzah, Bendum Achmad Rilyadi. Acara dipandu Mahfuz Sidik. Menkum HAM didampingi Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Cahyo R Muzhar dan jajaran.

Dikatakan Mahfus, tiga hari setelah mendaftar ke Kemenkum HAM (setelah 31 Maret-red), ketua umum mengeluarkan surat edaran atau surat perintah kepada seluruh jajaran pengurus di Provinsi, Kabupaten/Kota untuk menggerakan sumber dayanya membantu masyarakat dalam menanggulangi Covid-19.

“Untuk tingkat nasional, Pak Ketua Umum juga membuat SK membentuk Gelombang Solidaritas 2020 Partai Gelora, yakni satu gerakan nasional yang dipimpin langsung Pak Fahri Hamzah,” terang politisi senior tersebut.

Mantan Ketua Komisi I DPR RI tersebut mengatakatan, sesuai apa yang disampaikan Menlkumham, Partai Gelora menyadari adanya gelombang kerusuhan sosial yang luar biasa saat ini sedang terjadi di AS.

“Kami menyadari, Indonesia harus benar-benar saling menjaga dan tidak boleh kemudian krisis kesehatan ini menjadi krisis sosial. Apalagi krisis politik, dan tentunya ini menjadi tugas penting bagi kami juga sebagai bagian elemen bangsa Indonesia,” ucap dia.

Beberapa hari lalu. lanjut Mahfus, Pak Anis juga menegaskan, Panca Sila dan nasionalisme adalah pondasi penting untuk kita tidak terseret pada keretakan dan perpecahan akibat pandemi Covid-19. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait