Tingkatkan Hasil Pertanian, Poktan Tembakau Bakal Dapat Bantuan Kendaraan Roda Tiga

  • Whatsapp

SITUBONDO, beritalima.com – Kelompok tani (Poktan) tembakau di Kota Santri Pancasila bakal mendapat bantuan kendaraan roda tiga. Total ada enam Poktan tembakau yang tercatat sebagai penerima program tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertangan) Situbondo, Haryadi Tejo Laksono. “Untuk penyerahannya dilakukan pada akhir tahun ini. Kemungkinan di bulan Desember,” ujarnya, Selasa (27/9/2022).

Lebih lanjut, Mantan Kepala BPPKAD Situbondo ini menyampaikan, enam Poktan tembakau tersebut antara lain Fajar Mulya, Desa Kalimas, Kecamatan Besuki; Lestari Wringinanom, Desa Wringinanom, Kecamatan Jatibanteng; Mulya Jaya, Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa.

“Kemudian Pelita Jaya, Desa Lubawang, Kecamatan Banyuglugur; Tani Makmur Desa/Kecamatan Jatibanteng dan Tunas Baru 1, Desa Blimbing, Kecamatan Besuki,” tuturnya.

Haryadi mengungkapkan, enam Poktan tembakau tersebut dipilih karena wilayahnya menjadi sentra penghasil tembakau di Kota Santri Pancasila. “Ya kita tahu sendiri kan, produksi tembakau Situbondo ada di wilayah barat,” tegasnya.

Lebih jauh, Haryadi optimis, dengan adanya bantuan roda tiga ini bisa membantu aktivitas para petani tembakau. “Khususnya dalam mengangkut hasil produk dan sarana pra-sarana produksinya. Seperti pupuk, obat-obatan serta peralatan pertanian,” pungkasnya.

Untuk merealisasikan bantuan tersebut Pemkab Situbondo menggelontorkan anggaran sekitar Rp200 juta. “Sumbernya berasal dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022,” tutup Haryadi. (ADV/BET)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait