Tingkatkan Kewaspadaan Pekerja SPBU Maluku Dibekali Pelatihan SafetyMan

  • Whatsapp

Ambon,BeritaLima.com,- Untuk menjaga dan mengantisipasi akan terjadinya musibah dilingkungan Stasisun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), PT. Pertamina (Persero) memberikan pelatihan keselamatan, bagi pekerja dan pemilik SPBU yang ada di Maluku. Para peserta yang ikut diantaranya peserta yang ada Wilayah Kota Ambon, Kabupaten Buru, Kab. Maluku Tengah, Kab. Buru selatan, kab. Seram bagian Timur dan Kab. Seram bagian Barat.
“Pelatihan keselamatan bagi pekerja dan lingkungan SPBU tersebut dilakukan 10-11 Agustus 2017 atau selama dua hari di Hotel Swissbel dan Area kerja TBBM Wayame ,” kata Branch Manager Marketing Maluku dan Maluku utara, Tiara Thesaufi di Ambon.
Tiara menjelaskan, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan untuk mengantisipasi atau bahkan menciptakan keamanan di sekitar lingkungan SPBU , karena keselamatan operasi di SPBU menjadi bagian penting yang harus dipenuhi oleh pekerja dan pemilik SPBU, termasuk dari konsumen itu sendiri.
Pelatihan tersebut, yakni Health Safety Environment atau Safety Man difokuskan kepada perwakilan SPBU yang ditunjuk, diantaranya pelatihan tentang keselamatan operasi penerimaan, penimbunan dan penyaluran BBM di SPBU.
“Kemudian mereka juga diberikan pelatihan sistem izin kerja aman di SPBU, teori dan penanggulangan kebakaran, pemeliharaan sarfas SPBU hingga penggunaan gas detector. Peserta pelatihan yakni, sekitar 50 operator dari perwakilan SPBU yang ada di Provinsi Maluku sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan dan keamanan para operator saat melakukan pelayanan dan lapangan” ungkap Mahdi syafar selaku Sales Executive Retail Maluku
Dia berharap dengan dilaksanakannya pelatihan tersebut, maka pengawasan aspek HSE di SPBU menjadi lebih ketat, prosedur operasional juga dilakukan dengan baik, sehingga tidak ada lagi kebakaran dan kecelakaan di kawasan SPBU.
“Karena dari data statistik kami, sekitar 80 persen kebakaran di SPBU karena faktor human error atau perilaku konsumen yang tidak aman pada saat melakukan pengisian BBM di SPBU,” ujarnya.
Menurut dia, untuk di Kota Ambon, Aspek HSE di SPBU sudah cukup diterapkan, sampai dengan saat ini tidak ada insiden di SPBU yg berada di Kota Ambon selama tahun ini.
Safety man ini diharapkan dapat mengingatkan operator dan mengingatkan konsumen nya agar meningkatkan kewaspadaan saat berada dalam area SPBU.
Menurut salah satu operator SPBU d ambon, kegiatan ini sangat baik di lakukan. jg d lengkapi dengan pelatihan nyata sehingga dapat mengingatkan teman operator yang lain untuk meningkatkan kewaspadaan saat bekerja. Datang dan Pulang dalam keadaan sehat dan Selamat.” Ujarnya.
Dalam pelatihan tersebut, Pertamina juga memberikan kesempatan memadamkan api di area SPBU dengan menggunakan tabung darurat bagi para awak media yang hadir saat kegiatan berlangsung Jumat Pagi tadi.(Mukaddar).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *