Tingkatkan Layanan Terbaik, BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Perak Gelar Pelatihan e-PLKK

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Guna meningkatkan layanan terbaik pada peserta, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak menggelar Pelatihan Tehnis e-PLKK (Pusat Layanan Kecelakaan Kerja) dan Sosialisasi Layanan Terbarukan.

Kegiatan bertajuk “Tingkatkan Kapabilitas Untuk Pelayanan Prima Kepada Peserta” ini dilakukan di sebuah hotel di Surabaya, Kamis (21/3/2019), diikuti 33 faskes (fasilitas kesehatan) kerjasama, yang meliputi rumah sakit, klinik kesehatan, dan puskesmas.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak, Deni Suwardani, ditemui di sela acara mengatakan, pelatihan tehnis e-PLKK seperti ini akan dilaksanakan lagi pada Sabtu (23/3/2019) dengan 32 PLKK kerjasama lainnya.

“Karena PLKK kerjasama dengan kami sebanyak 65 PLKK, untuk kelancaran dan efektifitas pelatihan kami bagi dua, hari ini dan besok Sabtu,” ujar Deni, Kamis (21/3/2019).

Deni menjelaskan, pelatihan e-PLKK ini sangat penting, tujuannya untuk meningkatkan koordinasi layanan pada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami musibah kecelakaan kerja.

“Kegiatan ini sangat penting dilakukan agar peserta yang mengalami musibah kecelakaan kerja dapat merasakaan manfaat JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) melalui layanan PLKK dengan hanya menunjukkan kartu peserta aktif,” tandasnya.

Dipaparkan, peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja memang diharapkan dapat langsung dibawa ke PLKK atau faskes yang sudah kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan langsung ke PLKK yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, peserta cukup menunjukan kartu kepesertaan, sehingga langsung mendapat layanan/penanganan medis tanpa mengeluarkan biaya sendiri, karena langsung konek dan menjadi tanggung jawab BPJS Ketenagakerjaan.

Sedangkan kalau peserta dibawa ke faskes yang belum kerjasama, peserta biasanya diminta bayar terlebih dulu, baru kemudian dirembes atau dibayar oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Alternatif lain, kalau peserta dibawa ke faskes yang belum kerjasama, jika kondisinya sudah stabil diharap segera dibawa ke PLKK kerjasama dengan biaya ambulans dari BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam kegiatan ini, selain koordinasi teknis, juga dilakukan pengenalan dan pelatihan penggunaan e-PLKK, yaitu aplikasi yang dikhususkan bagi PLKK dalam melayani peserta BPJS Ketenagakerjaan. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah layanan.

Dalam pelatihan dan sosialisasi ini, Deni didampingi Kabid Kepesertaan Moch Arfan dan Kabid Pelayanan Anita Ardhiana. Seluruh peserta dari 33 PLKK kerjasama tampak antusias mengikuti kegiatan hingga akhir. Mereka menyatakan semakin paham dalam memberikan layanan terbaik pada peserta BPJS Ketenagakerjaan. (Ganefo)

Teks Foto: Kakacab BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak, Deni Suwardani (tengah), bersama Kabid Kepesertaan Moch Arfan dan Kabid Pelayanan Anita Ardhiana, saat menggelar pelatihan tehnis e-PLKK, Kamis (21/3/2019).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *