Tinjau Pemindahan Warga Isoman, Walikota Madiun: Isoter Punya Fasilitas Lengkap

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Upaya pemindahan warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) ke fasilitas isolasi terpadu (isoter) terus dimaksimalkan oleh Pemkot Madiun, Jawa Timur.

Bahkan Walikota Madiun, H. Maidi, meninjau langsung proses pemindahan warga isoman ke isoter, Senin 23 Agustus 2021.

Diantaranya, di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Sembada Mulya, Jalan Bumi Mas I, Jalan Gegono Manis, Jalan Sumo Manis, dan Jalan Citarum.

Sebelumnya, walikota juga pernah meninjau pemindahan serupa di Kelurahan Klegen.

‘’Orang-orang yang saat ini menjalani isoman harus segera sembuh. Agar segera sembuh maka kita pindahkan ke isoter karena penanganan juga lebih cepat di isoter,” terang H. Maidi.

Walikota menambahkan, setidaknya masih ada 182 warga isoman yang belum dipindahkan sampai saat ini. Petugas terus melakukan pendataan untuk dilakukan pemindahan. Petugas gabungan bersama TNI/Polri memang diterjunkan untuk mempercepat pemindahan. Ia menargetkan pemindahan tuntas dalam dua sampai tiga hari ke depan.

‘’Kita masih ada 200 bed lebih yang kosong. Karenanya, 182 yang masih ada di rumah kita bawa ke isoter. Harapannya, segera mendapatkan penanganan jika muncul gejala,’’ tandasnya.

Maidi berharap, pasien Covid-19 yang dirujuk ke rumah sakit berangkat dari isoter. Artinya, sudah mendapat penanganan terlebih dahulu. Sebab, pasien rujukan yang dibawa dari rumah biasanya sudah dalam kondisi buruk. Alhasil, penanganan tak bisa maksimal.

‘’Karena di rumah, kurang pengawasan, kurang kontrol, jadi kurang pemantauan. Karena itu kita pindahkan ke isoter yang ada petugas dan dokter jaga 24 jam,’’ jelasnya.

Kontrol yang dimaksud bukan hanya urusan kesehatan. Tetapi juga urusan asupan gizi dan kedisiplinan. Ia mencontohkan bisa saja yang isoman tersebut tak enak makan hingga akhirnya drop. Sebaliknya, di isoter dilakukan pengawasan apa yang harus dimakan dan harus dihabiskan. Artinya, kebutuhan gizi pasien tercukupi.

‘’Di isoter semua tercukupi. Tidak perlu khawatir. Ini demi kebaikan warga semua,’’ pungkasnya. (Sumber Diskominfo/editor: Dibyo).

H. Maidi (tengah) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait