Tips Memilih Situs dan Aplikasi Pinjaman Online yang Aman

  • Whatsapp
Fortune Credit 470 North Bridge Rd, #02-01A Bugis Cube, Singapore 188735 +65 6777 1887 https://www.fortunecredit.com.sg/

beritalima.com | Saat ini platform pinjaman online kian hari semakin banyak dan meluas di masyarakat. Berkat iming-iming yang ditawarkan banyak orang yang tanpa pikir panjang melakukan pinjaman secara online tanpa memilah-milah aplikasi pinjaman terlebih dulu. Kebanyakan dari mereka biasanya membutuhkan dana cepat dan tidak berpikir panjang. Apalagi pinjaman online tidak membutuhkan jaminan dan proses pengajuannya mudah.

Namun dibalik kemudahannya, Anda harus teliti dalam memilih aplikasi dan situs pinjaman online. Agar tidak merasa kecewa dan mengalami penipuan di kemudian hari. Sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman online. Anda harus menyimak tips memilih aplikasi pinjaman online berikut ini.

Tips Memilih Pinjaman Online yang Aman

  1. Pilih yang Sudah Terdaftar dan Berizin OJK

Pastikan bahwa aplikasi pinjaman online yang akan Anda gunakan, sudah terdaftar dan memiliki izin di OJK. Dengan begitu aplikasi pinjaman online tersebut telah legal dan sudah dipastikan aman karena telah diawasi dan diatur oleh pemerintah melalui OJK.

Dengan memilih aplikasi pinjaman online yang telah berizin di OJK Anda akan terlindungi dari risiko buruk. Contohnya seperti penyalahgunaan data pribadi dan teror dari penagih pinjaman online yang meresahkan. Untuk mengetahui apakah aplikasi pinjaman online tersebut sudah terdaftar dan berizin, Anda bisa melakukan pengecekan di website resmi OJK.

  1. Pastikan Suku Bunga Pinjaman Tidak Terlalu Tinggi

Pilihlah aplikasi pinjaman online yang memberikan suku bunga pinjaman yang ringan. Banyak sekali aplikasi pinjaman online yang membebankan suku bunga tinggi. Sehingga cukup memberatkan bagi sebagian orang yang memiliki penghasilan pas-pasan.

Maka dari itu, pastikan untuk selalu memahami dan mengecek dengan detail berapa suku bunga pinjaman yang dibebankan. Apakah sesuai dengan kemampuan membayar Anda atau tidak. Jangan sampai suku bunga yang dibebankan tidak sesuai dengan kemampuan Anda sehingga justru hanya akan menambah masalah dikemudian hari.

  1. Aplikasi dan Website Aman dan Terlindungi

OJK mewajibkan semua platform pinjaman online untuk menggunakan secured di website dan aplikasinya. Untuk melindungi data-data nasabahnya. Serta harus lolos audit dan sertifikasi ISO teknologi informasi untuk menjamin keefektifan keamanannya. Biasanya pada website yang telah memiliki secured akan muncul ikon seperti gembok di alamat websitenya.

  1. Pastikan Aplikasi Tersebut Memiliki Informasi yang Valid Mengenai Perusahaannya

Meskipun pengajuan pinjaman dilakukan secara online, Anda tetap harus memastikan bahwa perusahaan aplikasi pinjaman tersebut memiliki alamat kantor yang jelas dan valid. Dimana benar adanya dan bisa ditemukan secara nyata.

Pastikan juga bahwa kontak perusahaan merupakan seperti nomor telepon dan email bisa dihubungi. Biasanya perusahaan yang memiliki legalitas akan menggunakan alamat email bisnis buka email gratis seperti yang Anda gunakan.

  1. Tentukan Jumlah Pinjaman Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Banyak orang tanpa berpikir panjang melakukan pinjaman dengan jumlah yang melebihi kapasitasnya. Pastikan untuk mempertimbangkan jumlah pinjaman secara bijak karena ditakutkan Anda tidak bisa membayar angsuran di kemudian hari. Dan jangan lupa untuk menggunakan pinjaman hanya pada kebutuhan mendesak.

Seperti untuk memenuhi kebutuhan pokok, modal usaha, biaya pengobatan atau lainnya. Jangan biarkan diri Anda meminjam uang di aplikasi online hanya untuk kebutuhan tidak penting yang hanya akan menambah beban cicilan saja.

Itulah tips memilih pinjaman online yang terdaftar OJK. Dengan lebih teliti dalam memilih aplikasi pinjaman online Anda bisa terhindar dari hal-hal atau risiko buruk yang banyak terjadi di luaran. Tunaiku menjadi salah satu aplikasi pinjaman online yang aman dan sudah terdaftar di OJK sejak tahun 2014.

Aplikasi pinjaman online ini bukan produk dari perusahaan fintech, melainkan produk pinjaman digital dari Amar Bank. Amar Bank sendiri telah berdiri sejak lama di Indonesia mulai tahun 1991 dan berpusat di Surabaya. Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa jaminan apapun mulai dari 2 juta hingga 20 juta di aplikasi Tunaiku.

Tenor waktu pinjaman yang ditawarkan juga beragam. Mulai dari 6 bulan hingga 20 bulan. Persyaratan yang diperlukan juga cukup mudah. Minimal Anda harus berusia 21 tahun dan maksimal 55 tahun. Memiliki penghasilan tetap minimal 2 juta perbulan.  (red)

 

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait