Tokoh Adat Sentani, Yanto Eluay Harap Seluruh Pihak Sukseskan Pemilu 2024. “Jangan Korbankan Rakyat”.

  • Whatsapp
Caption foto : Ondofolo Yanto Eluay

Sentani – Tokoh Adat Sentani Kabupaten Jayapura Yanto Eluay meminta kepada seluruh pihak, baik penyelenggara Pemilu yakni KPU dan Bawaslu serta para calon Legislatif untuk mensukseskan Pemilu 2024.

Kepada KPU dan Bawaslu pihaknya selaku tokoh adat dalam hal ini Ondofolo Sereh Sentani tegas berharap penyelenggara dapat menjalankan tugas dan fungsinya sesuai amanat Undang-Undang.

Yanto saat ditemui mengatakan, kedua lembaga negara tersebut sangat berandil besar atas suksesi Pemilu 2024.

“Aturan yang telah ditetapkan Undang Undang agar ditaati dan dilaksanakan. KPU dan Bawaslu dalam hal ini di Papua agar tunduk pada aturan itu, jangan sampai ada oknum yang malah nantinya menyalahi aturan itu, karena akibatnya fatal. Sebaliknya kalau semua penyelenggara komitmen pada sumpah janji dan menaati atauran yang ada maka pasti Pemilu berjalan baik,”kata Yanto di Sentani, Kamis (26/7/2023).

“Karena korbannya pasti adalah masyarakat sebagaimana pengalaman Pemilu sebelumnya dan merugikan seluruh elemen masyarakat di Papua dan Indonesia,”tambahnya.

Selain kepada penyelenggara, Yanto juga mengingatkan para calon legislatif untuk komitmen bersama akan pelaksanaan Pemilu yang adil dan bermartabat.

“Bagi saudara-saudara kita yang diberikan kesempatan untuk menjadi calon anggota legislatif baik kabupaten, provinsi, DPR RI dan DPD RI para kandidat yang diberikan peluang untuk menjadi pemimpin bangsa Indonesia diatas tanah Papua ini maka setiap kandidat harus tahu bahwa dirinya merupakan perwakilan dari seluruh masyarakat baik non Papua maupun orang asli papua itu sendiri,”ucapnya.

Menurutnya, para kandidat jika nantinya diberikan kepercayaan rakyat untuk duduk di kursi legislatif, agar menjaga kepercayaan masyarakat. Betul-betul mampu mengakomodir aspirasi masyarakat, bukan ibarat pepatah ‘Kacang Lupa Kulit’.

“Saya berharap kepada para calon anggota legislatif dapat benar – benar melaksanakan sesuai aturan – aturan main yang sudah diatur dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, karena kedepan apabila telah menduduki kursi di parlemen akan menyuarakan aspirasi dari seluruh masyarakat yang ada di Provinsi Papua,”tegasnya.

Yanto Eluay juga berharap Partai Politik harus mampu memberikan pendidikan politik yang baik terhadap para kader P
Partai terutama para calon-calon yang maju sebagai anggota legislatif maupun Kepala Daerah, agara Pemilu 2024 bisa berjalan aman dan damai.

“Sebelum bertarung pada Pemilu serentak tahun 2024, Partai Politik harus tegas dalam tahap penyeleksian, kalah ataupun menang mereka siap menerima dan jangan ada yang membuat keributan atau keonaran demi terciptanya Pemilu yang aman, damai dan sejuk. Partai Politik memiliki andil besar juga untuk kesuksesan Pemilu,”ucapnya.

Terkahir, Yanto meminta seluruh masyarakat yang sudah mendapatkan hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik, sesuai hati nurani masing-masing, pasalnya masa depan Papua dan Indonesia ditentukan pada pilihan rakyat itu.

“Gunakan hak politiknya dengan baik, jangan ada yang terhasut oleh oknum-oknum, kelompok tertentu untuk tidak memberikan hak pilihnya. Kita harus ikut serta dalam pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang, karena pesta demokrasi adalah pesta rakyat, sehingga rakyat harus ikut memilih pemimpinnya 5 tahun kedepan. Tidak boleh juga ada tekanan atau intervensi dari pihak manapun, supaya hak politik atau konstitusi betul-betul dari hati nurani rakyat,”pungkasnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait