Uang Kertas Rp10 ribu Bergambar Pahlawan dari Papua

  • Whatsapp

Manokwari – Bank Indonesia akan segera meluncurkan uang kertas Negara Kesatuan Republik Indonesia pecahan sepuluh ribu rupiah bergambar Frans Kasiepo, pahlawan nasional dari Papua.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Papua Barat, Agus Hartanto di Manokwari, Senin, mengatakan, uang baru itu akan mengganti pecahan lama yang sebelumnya bergambar Sultan Mahmud Badaruddin II.

Ia menjelaskan, penetapan Frans Kasiepo sebagai gambar pada uang kertas tersebut dilakukan sesuai Keputusan Presiden Nomor 31 tahun 2016.

Selain pecahan Rp10 ribu, katanya, BI pun akan mencetak uang pecahan lain dengan gambar pahlawan yang berbeda. Desain baru dari uang pecahan tersebut sudah siap dari pecahan Rp10 ribu hingga Rp100 ribu.

“Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang dengan ciri sebagaimana diatur dalam UU tersebut, salah satu ciri uang sebagaimana pasal 7, mata uang harus memuat gambar pahlawan nasional yang ditetapkan dengan keputusan presiden,” katanya.

Agus mengutarakan, penetapan gambar pahlawan nasional dalam mata uang dilakukan melalui koordinasi antara BI dengan Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, Sekretaris Kabinet, serta Kementerian Hukum dan HAM. Selain itu, penetapan itu pun dilakukan melalui persetujuan penggunaan gambar dari ahli waris pahlawan nasional tersebut.

Penetapan Frans Kaisiepo, katanya, sudah melalui seluruh proses tersebut. Pahlawan kelahiran Biak, Papua 10 Oktober 1912 itu akan segera menghiasi bagian depan uang kertas Rp10 ribu.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *