Ubah Rendah Diri Jadi Percaya Diri

  • Whatsapp

beritalima.com | Tidak semua orang bisa dengan mudah memunculkan rasa percaya diri. Pengalaman tertentu dan sesuatu yang pernah dilihat bisa jadi pemicu seseorang tidak percaya diri.

Seperti yang sering aku alami. Kebiasaanku adalah membuka media sosial dan melihat kehidupan orang – orang. Hal tersebut tentu membuatku berfikir mengapa aku tidak bisa seperti mereka, mengapa badanku tidak sebagus mereka, dan mengapa hidupku tidak sebahagia mereka.
Tidak dipungkiri pikiran iri membuatku malu untuk berekspresi. Akibatnya, aku hanya jadi penonton mereka setiap hari dan merasa semakin rendah diri setiap hari. Sampai di satu titik aku merasa seharusnya hidup tidak seperti itu. Aku mulai membangun dan mencari cara supaya bisa menumbuhkan rasa percaya diri.

Pertama, aku berhenti membuka media sosial dan melihat kehidupan orang – orang. Tidak berhenti sepenuhnya, tapi mengurangi membuka media sosial. Aku melakukan berbagai kegiatan yang aku sukai. Aku hanya membuka media sosial jika ada orang yang menghubingiku. Ponsel pintarku dialihkan untuk sekedar membaca berita dan mencari informasi yang bermanfaat.

Kedua dengan berhenti membandingkan hidupku dengan hidup orang lain. Mulai berfikir positif pada diri sendiri merupakan cara terbaik. Aku menyemangati apapun yang akan aku lakukan. Tidak lagi takut apakah orang akan mengomentari buruk atau tidak. Pokoknya, lakukan apa yang aku mampu dan yang aku bisa tanpa membandingkan dengan kemampuan orang lain.

Terakhir, bersyukur dengan apa yang kita miliki. Percaya bahwa Tuhan telah memberi sesuai dengan apa yang dibutuhkan membuatku lebih bersyukur. Apalagi dengan melihat kebawah, banyak orang yang lebih membutuhkan.

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan. Jadi, semangat menjalani hari dan jangan lagi merasa rendah diri.

(Mia Setya Ningsih)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait