Unair Siapkan Tim Tanggulangi Virus Corona

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Virus Corona sudah menjadi ancaman tersendiri. Apalagi ditemukan ada pasien terduga terjangkit virus corona di RSUD DR Soetomo Surabaya.

Virus ini begitu ditakuti karena penularannya yang cepat, dapat menyebabkan kematian dan hingga saat ini virus tersebut belum ditemukan obatnya. Berbagai negara telah melakukan pencegahan-pencegahan untuk menghindari penyebaran virus tersebut agar tidak semakin luas. Hal tersebut, juga dilakukan oleh sivitas akademika Universitas Airlangga (Unair)

Rektor Unair Prof M Nasih mengatakan telah ada beberapa langkah yang sudah disiapkan oleh Unair. Yaitu, Unair telah menyiapkan tim untuk mewaspadai terus perkembangan penyebaran virus corona dengan melakukan langkah konkrit, cepat, efisien dan efektif untuk bisa menanggulangi virus tersebut.

“Kami bentuk tim dan diharapkan bisa menghasilkan vaksin yang bisa menyembuhkan atau mencegah tertularnya virus tersebut pada manusia,” ujarnya Prof Nasih.

Selain itu, Unair melalui RSUA dan lembaga penyakit tropis yang merupakan pusat unggulan iptek di Indonesia bersiap dan bersiaga penuh untuk bisa menerima dan menangani mereka yang diduga terkena virus corona. Tampaknya sangat sulit, tapi ini merupakan sebuah tantangan dan mandat riset bagi peneliti Unair untuk dapat menghasilkan kebijakan dan obat dalam mengatasinya.

“Ini adalah tugas bersama bagi peneliti Unair dalam menangani virus tersebut. Paling tidak peneliti Unair juga harus bisa menemukan vaksin dan kajian-kajian penelitian yang lebih dalam tentang penangan dan penanggulangan virus corona yang sekarang sedang mewabah,” tuturnya.

Lebih lanjut Prof Nasih mengungkapkan strategi yang harus dilakukan yakni mengantisipasi, menanggulangi dan menangani mereka yang diduga terkena virus corona. Sementara itu, Unair menggandeng pakar-pakar epidemiologi, kedokteran, lembaga tropis dan beberapa bidang terakit juga gencar melakukan sosialisasi antisipasi agar masyarakat tidak takut dan tenang dalam menghadapinya. “Masyarakat dihimbau untuk tidak takut dan tenang dalam menghadapinya,” pungkasnya. (yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait