Universitas Hang Tuah Surabaya Berikan Pembinaan UMKM di Sektor Perikanan

  • Whatsapp
Ir. Wahyu Sulistyowati, M.Kes Saat Membantu UD Mitra Abadi

SURABAYA, beritalima.com — Pengabdian Masyarakat yang diwajibkan untuk dosen dalam rangka mengisi tri darma perguruan tinggi Dosen Universitas Hang Tuah Surabaya memberikan penyuluhan dan pembinaan terhadap Pengusaha dan Masyarakat di Kecamaan Paciran Lamongan dengan menggandeng Pengusaha dan masyarakat.

UKM pengolahan ikan seringkali terbentur masalah sertifikasi produk untuk memasarkan produk nya. Bahkan terkesan sertifikat BPOM adalah didominasi perusahaan besar. Dalam program ini diupayakan 2 UMKM yang berlokasi di kecamatan Paciran dan maduran untuk memproduksi produk olahan beku sesuai standar SNI lalu pengajuan sertifikat ke lembaga BPOM.

Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya mengawal proses tersebut dengan menggandeng pihak Dinas Perikanan, Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan serta BPOM.

“Ini pelaksanakan tahun ketiga program kami memberdayaan UKM pengolahan Ikan yang ada di Kabupaten Lamongan, yang mana Lamongan merupakan kabupaten yang berhasil menjadi Kabupaten yang produktif dibidang Perikanan baik darat dan utamanya laut” Pungkas Ir. Wahyu Sulistyowati, M.Kes Jumat (6/10).

Ir. Wahyu Sulistyowati, M.Kes di UD Duta Nelayan

Wahyu Sulistyowati yang juga dosen Universitas Hang Tuah Surabaya menambahkan, kegiatan ini sejalan dengan salah satu peran dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni melakukan pengabdian masyarakat.

Menurutnya, setiap dosen sebagai warga Perguruan Tinggi dapat berperan aktif menjadikan masyarakat menjadi lebih baik, berkarakter, berbudaya hingga menghasilkan masyarakat yang beradab.

“Kita membantu Pelatihan ini pembuatan Produk yang Higines, Kemasan serta Pemasaran dalam bentuk Online yang telah kami buatkan Websitenya, hal ini juga sebagai upaya kami sebagai dosen untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dan Sebagai upaya kami memaksimalkan peran sebagai pendidik, yang dapat bermanfaat dan melakukan perubahan menjadi lebih baik bagi masyarakat sekitar,” kata Wahyu Sulistyowati.

Oleh karenanya, lanjut Wahyu Sulistyowati, diperlukan kesadaran diri dari seluruh kalangan masyarakat untuk mencegah hal negatif dari internet. Menurutnya, manfaat internet sangatlah banyak untuk kegiatan produktif.

“Website ini, khusus kita buatkan serta dan cara penggunaan sosial media yang dimanfaatkan warga untuk berjualan secara online, Hal itu dengan harapan, dapat meningkatkan perekonomian warga, Selain itu kami juga membantu dua pengusaha untuk mendaftarkan Produk Pangan MD ke Badan POM, yaitu UD Duta Nelayan dan UD Mitra Abadi” kata Wahyu Sulistyowati.

(rr)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *