Untuk Kemajuan UMKM, Hari Ini BI Jatim Gelar Webinar Unggulan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Bank Indonesia bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota serta instansi strategis lain menyelenggarakan berbagai program Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan program flagship (unggulan) lainnya di masing-masing wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Jawa Timur, hingga Desember 2021.

Kegiatan Festival Majapahit ini diresmikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto, Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari, Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia, dan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Baparekraf Kemenparekraf, Ir. Rizky Handayani.

Salah satu rangkaian kegiatan Flagship GBBI Jawa Timur dalam pengembangan pariwisata adalah Festival Majapahit pada 25 Agustus 2021 kemarin. Kegiatan ini dilaksanakan Bank Indonesia Jawa Timur dan Pemerintah Kota Mojokerto untuk mendorong pariwisata berbasis budaya dan sejarah Majapahit.

Festival Majapahit dihadiri oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam negeri, dinas/instansi strategis tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, UMKM industri kreatif, pelaku pariwisata, serta para guru sejarah dan budaya di Jawa timur.

Dua rangkaian kegiatan Festival Majapahit,
Webinar “Memaknai Majapahit Kini dan Nanti” yang dimoderatori Andy F. Noya dengan narasumber Sejarahwan Prof. Agus Aris Munandar dan Adrian Perkasa M.A, Desainer Diana Putri, dan Maestro Tari Eko Supriyanto.

Virtual Tour dengan nuansa Kerajaan Majapahit yang disajikan secara apik melalui website www.festivalmajapahit.com menampilkan heritage (bangunan cagar budaya) hingga budaya yang meliputi batik, pusaka, wayang, tari dan terakota, serta produk unggulan UMKM Mojokerto yang dikemas dalam pameran 3D Virtual bernuansa Majapahit.

Sebagai penanda dilaksanakannya kegiatan flagship Bank Indonesia, Jumat (27/8/2021) ini diselenggarakan kegiatan “Kolaborasi Semarak Gerakan BBI dan Road to KKI”. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas UMKM khususnya di bidang digital.

Dalam acara tersebut dilaksanakan National Webinar dengan tema “Digitalisasi UMKM dan Mindset Swift UMKM Memasuki Pasar Digital” yang diikuti oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam negeri, kementerian/lembaga, dinas/instansi strategis tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, serta pelaku UMKM.

Selain itu, di hari ini pula dilaksanakan pelaksanaan kegiatan Geber UMKM Sekarkijang oleh Kantor Bank Indonesia Jember. Kegiatan tersebut berupa webinar dengan tema “Turn Crisis Into Opportunity”, Business Coaching : Kiat Menembus Pasar Ekspor di Masa Pandemi, Virtual Business Matching, Virtual Exhibition.

Berbagai kegiatan flagship ini diharapkan dapat menjadi program yang berkelanjutan yang berdampak pada kemajuan UMKM dan Pariwisata di Jawa Timur serta memberikan inspirasi untuk membangkitkan semangat dan optimisme masyarakat Indonesia di masa pandemi Covid-19. (Gan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait