Pengamat: Banyak Kader PAN Layak Masuk Kabinet Jokowi

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Pengamat komunikasi poltik Universitas Esa Unggul Jakarta, Muhammad Jamiluddin Ritonga menilai, Partai Amanat Nasional (PAN) termasuk partai politik yang mempunyai banyak kader berkualitas terutama pada bidang ekonomi.

“Saya melihat, sedikitnya ada tiga kader PAN yang layak dimasukkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM) bila dilakukan perombakan (reshufle) KIM,” papar pria yang akrab disapa Jamil ini saat bincang-bincang dengan Beritalima.com di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (27/8) pagi.

Hal tersebut diungkapkan Jamil terkait wacana perombakan KIM terutama sektor ekonomi oleh Jokowi dalam waktu dekat. Ada tiga kandidat yang layak untuk memperkuat tim ekonomi kabinet Jokowi. Sosok itu adalah Hatta Rajasa, Didik Rachbini dan Drajat Wibowo. Mereka ini sangat mumpuni di bidang ekonomi.

Khusus Hatta Rajasa, juga sudah pernah menjadi menteri di era Susilo Bambang Yudhoyono. Prestasi saat menjabat menteri cukup baik. Karena itu, Hatta Rajasa dapat menjadi tim yang kuat bersama menyeri keuangan saat ini.

Karena itu, Jokowi dapat memilih mereka sesuai kebutuhan agar Indonesia dapat keluar dari permasalahan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19.
Selain itu, juga ada Zulkifli Hasan, juga layak menjadi menteri. Namun karena saat ini yang urgen penanganan ekonomi, tampaknya dia tidak cocok untuk mengisinya.

Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum PAN adalah Menteri Kehutanan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II (2009-2014) pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Saat menjadi menteri, prestasinya tidak menonjol seperti Hatta Rajasa,” demikian Muhammad Jamiluddin Ritonga. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait