Untuk Persebaya, YPTA Buat Aplikasi gawang.id

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Melalui Direktorat Prasarana dan Pengadaan (DPP) dan Direktorat Sistem Informasi (DSI), Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya buat aplikasi gawang.id untuk Persebaya.

Direktur Direktorat Prasarana dan Pengadaan (DPP) YPTA Surabaya yang juga sebagai Kepala Bagian Pertandingan, Mohammad Djaya, Rabu (11/12) mengatakan, pembuatan aplikasi tersebut merupakan bentuk kerjasama yang bertujuan digitalisasi Persebaya Amatir serta minimalisir kecurangan pemain yang selama ini masih sering terjadi.

Diakatakannya, dalam klub, Persebaya sendiri ada 2 tingkatan yaitu Persebaya Profesional dan Persebaya Amatir. Biasanya pemain Persebaya Amatir berada satu tingkat dibawah Persebaya Profesional, dimana tujuannya adalah pemantapan pemain.

“Persebaya Amatir akan menjalankan aplikasi Gawang.com dikompetisi tahun 2020. Di mana aplikasi ini merekap semua pemain yang mengikuti kompetisi sampai outputnya adalah hasil pertandingan. Jadi mulai dari klasemen, banyaknya kartu merah dan kartu kuning, dan pencetak gol akan terdata di aplikasi,” kata Djaya.

Dikatakan Djaya, karena sudah memasuki era digital, proses digitalisasi dalam Persebaya Amatir dirasa sangat perlu. Di samping itu juga akan mempermudah pemain itu sendiri untuk memperoleh informasi. “Nantinya semua anggota Persebaya amatir ini bisa mengakses langsung aplikasi ini di rumah masing-masing. Untuk mengetahui jumlah pertandingan sampai hasil pertandingannya,” jelasnya.

Ditambahkannya, tujuan diciptakannya aplikasi tersebut adalah untuk data base pemain. Karena setiap pemain mempunyai kode pemain, kode club dan juga kode liga yang berbeda-beda, sehingga akan memperkecil pemalsuan pemain. Kemudian, dengan adanya QR Code mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, NIK sampai nama klub mereka dapat diketahui. “Kartu pemain nanti ada QR Code nya, untuk mengetahui ia pemain sah atau bukan,” tambahnya.

Direktur Direktorat Sistem Informasi (DSI) YPTA Surabaya, Supangat menyambut dengan baik atas apa yang ditawarkan dalam pembuatan aplikasi gawang.id. Karena akan lebih mempererat kerjasama dan silaturrahmi antar Direktorat dengan pihak Persebaya. “Aplikasi ini sedang dalam tahap pengerjaan, targetnya bakal rampung akhir tahun ini. Karena kompetisi tahun 2020 harus sudah digunakan,’’ kata Supangat. (ern/p)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *