Upacara Wisuda Caprabhatar Akademi TNI dan Akademi Kepolisian Tahun Pendidikan 2021/2022

  • Whatsapp

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Irup pada upacara Wisuda Prabhatar Akademi TNI dan Akpol tahun 2021 di Lapangan Saptamarga Akmil Magelang, Kamis (28/10/2021).

Sebanyak 982 Caprabhatar yang terdiri dari 779 Capratar Akademi TNI dan 203 Cabhatar Akpol akan dilantik menjadi Taruna Akademi TNI dan Taruna Akpol setelah dinyatakan lulus menjalani pendidikan dasar integratif kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol selama 3 bulan di Menchandra Akademi TNI Magelang.

Pendidikan dasar Integratif Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol dibuka pada tanggal 3 Agustus 2021, selanjutnya pada hari Rabu tanggal 27 Oktober 2021 kemarin telah ditutup melalui upacara militer oleh Danjen Akademi TNI dan seluruh Taruna dinyatakan lulus mengikuti pendidikan chandradimuka berdasarkan sidang Dewan Penasehat Pendidikan Akademi TNI.

Sasaran dari kurikulum pendidikan dasar integratif kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol adalah untuk membekali pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan/kebhayangkaraan, dan membentuk jasmani yang samapta kepada calon Prajurit Taruna Akademi TNI dan calon Bhayangkara Taruna Akpol agar nantinya dapat dijadikan bekal oleh para Taruna pada saat menjalani pendidikan tahap lanjutan di Akademi Angkatan (Akmil, AAL dan AAU) dan Akpol.

Pendidikan Dasar Integratif Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol Tahun 2021 ini adalah pelaksanaan pendidikan yang ketujuh dengan waktu pendidikan selama 3 bulan. Adapun tujuannya adalah untuk membangun dan mewujudkan semangat kebersamaan dan soliditas serta sinergitas TNI dan Polri.

Pada penyelenggaraan Diksar integratif kemitraan Caprabhatar Akademi TNI dan Akpol TP. 2021/2022 mendidik sebanyak 982 orang yang terdiri dari 779 Taruna Akademi TNI (449 Taruna AD, 180 Taruna + 10 Taruni AL, 130 Taruna + 10 Taruni AU) dan 203 Taruna Akpol (172 Taruna + 31 Taruni).

Setelah dilaksanakannya Wisuda Prabhatar, khusus untuk Taruna Akpol akan dikembalikan ke Akpol guna mengikuti pendidikan tahap lanjutan di Semarang hingga lulus dan dilantik menjadi perwira Polri. Sedangkan Taruna Akademi TNI masih akan melanjutkan pendidikan integratif tahap-2 selama 3 bulan di Menchandra Akademi TNI, hingga lulus dan kemudian melanjutkan pendidikan kematraan di Akademi Akmil, AAL dan AAU hingga lulus dan dilantik menjadi Perwira TNI. (**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait