UPT Puskesmas Bendilwungu Lakukan Pemeriksaan Calon PPS dan PPK Pemilukada

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol, melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Pemeriksaan Kesehatan calon PPS dan PPK dimaksud, sebagai syarat untuk bagi peserta yang mengikuti atau mendaftar sebagai PPS maupun PPK Pemilukada Kabupaten Tulungagung tahun 2024.

Kepala UPT Puskesmas Bendilwungu, Sigit Jaka Purnama, SKM, M.Kes, mengatakan, pemeriksaan kesehatan calon PPS dan PPK merupakan syarat utama yang harus dipenuhi oleh peserta untuk daftar calon PPS dan PPK.

“Syarat utama untuk memenuhi berkas bagi calon peserta ujian PPS dan PPK Pemilukada Kabupaten Tulungagung tahun 2024, harus memiliki surat kesehatan dari Puskesmas,” ungkap Sigit. Sabtu, (11/5/2024).

Diterangkan, tanggal pelaksanaan pemeriksaan calon peserta PPS dan PPK 26 april – 8 mei 2024. Hari Senin-kamis mulai pukul 08.00 – 11.00 WIB, sedangkan, untuk hari Jumat-Sabtu pukul 08.00-10.00 WIB, dengan persyaratan membawa foto kopi kartu identitas fotocopy KTP/KK.

“Tarif layanan pemeriksaan calon PPS dan PPK sebesar Rp.30.000. Tarif tersebut sudah termasuk pemeriksaan umum, kadar gula, kolesterol dan surat keterangan sehat. Surat keterangan sehat yang diberikan bertuliskan untuk keperluan persyaratan pendaftaran PPK dan PPS Pilkada tahun 2024,” terangnya.

Lanjut Kapus Sigit Jaka menjelaskan, jumlah calon PPS dan PPK yang dilayani di PKM bendilwungu sebanyak 77 orang.

“Dari 77 PPS dan PPK yang kami tangani semua dinyatakan sehat, tidak ada yang mengalami masalah kesehatan yang serius, sehingga sudah mendapatkan serat keterangan sehat dari PKM Sumbergempol,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap, kepada calon PPS dan PPK untuk selalu menjaga status kesehatan dengan tetap menjaga pola makan dan olahraga yang teratur.

“Harapan kami, terutama mereka yang sudah mendapatkan surat keterangan sehat, untuk selalu melaksanakan pola hidup bersih dan sehat seperti melakukan cek Kesehatan rutin, menghindari asap rokok, rutin berolahraga, diet seimbang, istirahat yang cukup dan mengelola stres dengan baik,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com

Pos terkait