Visma Art Gallery Akan Menjadi Ikon Seni Baru di Jawa Timur

  • Whatsapp

SURABAYA, berialima.com – Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf mengapresiasi, langkah arsitek kelas dunia asal Prancis, Jacques Ferrier yang memilih Jawa Timur khususnya Surabaya sebagai lokasi pameran karyanya. Menurut Wagub, acara ini menjadi kesempatan emas bagi arsitek Jawa Timur untuk belajar banyak hal.

“Kami menyambut baik sekaligus bahagia, Jawa Timur menjadi salah satu tempat yang dipilih sebagai lokasi pameran. Arsitek kita bisa mendapatkan motivasi dan inspirasi  tentang membuat konsep gedung yang baik dari segala aspek,” tutur Wagub yang akrab disapa Gus Ipul, Rabu (25/1) malam di Visma Art Gallery Surabaya.

Selain menawarkan kemegahan dan keindahan, sambung Gus Ipul,  sebuah konsep arsitektur seharusnya memperhatikan aspek lingkungan, manusia dan sarat makna. Untuk itu, inovasi dan kreativitas menjadi nilai mutlak yang harus ada dalam proses menghasilkan karya. Arsitek yang handal membuat sesuatu yang sederhana menjadi  menarik dan bermanfaat.

Selain itu, ia menambahkan sebuah gedung atau bangunan sebetulnya bisa dijadikan sarana pemersatu. Artinya bangunan benar-benar menjadikan manusia sebagai pusat perhatian dan memanusiakan manusia. “Konsep arsitektur yang membuat manusia semakin akrab dan semakin menghargai apapun latarbelakangnya.  Satu bangunan yang mendekatkan manusia satu dengan yang lain,” jelasnya.

Terkait adanya Visma Art Gallery Surabaya, Gus Ipul mendukung agar terus berkembang dan menjadi rumah bersama bagi arsitek, pelukis, seniman dan pemerhati seni. Ke depan, dirinya optimistis Visma Art Gallery  akan menjadi ikon seni baru di Jawa Timur.

Penyelenggara acara sekaligus Direktur Institute Francais Indonesia (IFI) Surabaya, Veronique Matheline mengatakan pameran yang mengusung tema “A Vision For The Sensual City” akan dimulai tanggal 3-17 Februari 2017. Surabaya, ungkapnya, adalah kota pertamaa yang disinggahi di Indonesia. Selanjutnya pameran akan digelar di Jakarta, Shanghai, Filipina, Singapura, Kuala Lumpur.

Ia menjelaskan Jacques Ferrier merupakan seorang arsitek dan urban planner. Jacques banyak menulis karya seputar dunia arsitektur. Berbagai penghargaan dalam dunia arsitektur juga pernah diraihnya. Sejumlah proyek arsitektur dan perencanaan tata kota di berbagai belahan dunia pernah dikerjakan.  Diantara banyak karyanya, yang memperoleh banyak apresiasi adalah Paviliun Prancis pada Universal Exhibition Shanghai 2010. (luk)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *