Wabup Sorsel Serahkan 60 Unit Mesin Chain Saw

  • Whatsapp

TEMINBUAN, Berita lima.com – Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Marthinus Salamuk menyerahkan 60 unit Mesin Chain Saw kepada sejumlah kelompok Industri Kecil Masyarakat (IKM) di beberapa distrik kabupaten Sorong Selatan.

Penyerahan Mesin Chain Saw ini dilaksanakan secara simbolis dalam apel senin (21/08) kemarin di halaman kantor Bupati Sorong Selatan yang digelar Dinas PerindagKop dan UKM kabupaten Sorong Selatan.
Penyerahan secara simbolis 1 unit mesin Chain Saw diberikan Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Marthinus Salamuk kepada Wenang Bosawer selaku Ketua kelompok IKM dari kampung Siranggo distrik Kais.

Wakil Bupati Kabupaten Sorong Selatan Drs Marthinus Salamuk mengatakan mesin ini hendaknya digunakan dengan baik ,menurutnya saat ini mesin ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat diwilayah distrik Kais dan Metamani karena mesin ini dapat meringankan proses penebangan pohon sagu bagi sejumlah kelompok industry kecil masyarakat diwilayah Kais dan Metamani.

“ Produksi 2 pabrik sagu di distrik Kais dan Metamani sampai saat ini terhambat karena petani sagu masih menggunakan penebangan sagu secara manual dengan menggunakan kapak ,untuk itu dengan diserahkan mesin chain saw ini kedepan diharapkan produksi sagu di kedua Perusahaan dapat lebih baik dan pendapatan warga masyarakat pemilik sagu tentunya akan meningkat”, ungkap Wakil Bupati.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan ekonomi keluarga maupun ekonomi kelompok petani,Wabup berharap agar bantuan yang diberikan ,dinas terkait hendaknya juga memonitoring dan mengawasi penggunaannya agar berjalan sesuai peruntukanya.

Heni Sulistini Thesia selaku Kapala Bidang Perindustrian dalam keterangannya menjelaskan pihaknya menyiapkan sejumlah 60 unit mesin Chain Saw yang akan dibagikan di sejumlah distrik untuk pengelolahaan sagu.

Ditambahkanya mesin ini merupakan lpengadaan di tahun anggaran 2016 dan saai ini baru diserahkan karena ada beberapa agenda daerah yang begitu padat sehingga baru diserahkan hari ini” ,ungkapnya .

Lanjutnya Dinas PerindagKop dan UKM kabupaten Sorong Selatan sengaja memprogramkan kegiatan ini karena saai ini dinas terkait sedang membangun sentral IKM yang difokuskan pada tanaman sagu, menurutnya sagu merupakan produk unggulan kabupaten Sorong Selatan.

Jelasnya pula “ Mesin ini akan diserahkan kepada kelompok IKM Distrik Seremuk sebanyak 15 buah, Distrik Konda 15 buah sedangkan sisanya akan dibagikan untuk sejumlah distrik lainya,” ungkap Heni Sulistini Thesia.( Engel Berto )

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *