Waduk Cot Laot Peudada Bireuen Dangkal dan Perlu Dikeruk

  • Whatsapp
Waduk Cot Laot Peudada Bireuen kekeringan karena dangkal (Teuku Muhammad)

BIREUEN-ACEH , beritalima.com – Akibat tidak terurus dan tidak ada kepedulian perawatan , maka waduk yang berlokasi di Gampong Cot Laot, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen air kering dan bahkan di arah sebelah timur sudah digali namun digunakan untuk lokasi tempat memancing.

Masyarakat tani kawasan waduk Cot Laot Peudada Kabupaten Bireuen mengeluh waduk cot laot dangkal sehingga tidak mampu menyimpan air ketika musin kemarau mengakibatkan kekeringan.

Mereka mengharapkan waduk yang berlokasi di Gampong Cot Laot, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen dikeruk karena dangkal dan saat ini air kering dan bahkan di arah sebelah timur sudah digali namun digunakan untuk lokasi tempat memancing.

Hasil pemantauan ke lokasi memperoleh penjelasan dari sejumlah petani dan warga setempat Minggu (26/1) pagi menyebutkan, sejak musim kemarau, Waduk Cot Laot, mengalami kekeringan dan ada yang digali tidak bisa dialiri ke areal persawahan jauh semenatara airnya dalam dan hanya bisa dimanfaatkan untuk memancing

Teungku Muhammad warga Cot Laot menjawab beritalima.com, menyebut waduk cot laot yang luasnya sekitar 37 hektar, di kala musim hujan airnya penuh dan digunakan petani dari 7 gampong untuk menanam padi namun sebaik kemarau mengalami kesulitas karena airnya kering karena waduknya dangkal.

Solusinya agar waduk Cot Laot tidak kering tentunya harus dikeruk seluruh areal Waduk. Dengan demikian selain air dimanfaatkan petani tanam padi juga bisa dimanfaatkan masyarakat 7 gampong sehingga waduk itu sebagai sumber kehidupan bagi mereka. (MAD/HERA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait