Wakil Bupati Jember Kumpulkan Ribuan Tim Penurun Stunting

  • Whatsapp
Ribuan anggota TPPS di kumpulkan di Gedung Balai Serbaguna (beritalima.com/istimewa)
Ribuan anggota TPPS di kumpulkan di Gedung Balai Serbaguna (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Wakil Bupati Jember KH. Muhammad Hanya Firman Barlaman alias Gus Firjaun mengumpulkan ribuan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS).

Sebanyak 2500 kader atau anggota TPPS dikumpulkan oleh Wabup Jember atau Ketua TPPS Kabupaten Jember, untuk melaksanakan rapat koordinasi di Gedung Balai Serbaguna Kaliwates, Jember, Kamis (8/12/2022).

Bacaan Lainnya

Wabup Jember mengapresiasi kinerja TPPS terhadap pencapaian penurunan stunting tahun ini.

“Ini cukup bagus, dan kami mengapresiasi kerja teman-teman di TPPS, tahun ini berada pada angka 6,14 persen,” ungkap Gus Firjaun.

Penurunan stunting di Kabupaten Jember cukup bagus, yang mana semula angkanya 23,5 persen dan kini turun menjadi 6,14 persen.

“Sedangkan angka stunting Provinsi Jawa Timur berada pada 20 persen, artinya Jember telah lebih baik. Namun meski demikian, masih banyak yang harus dituntaskan, agar Jember menjadi Kabupaten yang zero stunting,” tegasnya.

Wabup juga mengingatkan kepada TPPS ditingkat kecamatan maupun kelurahan dan desa, untuk terus melakukan pemantauan dan perkembangan secara periodik.

“Termasuk terhadap balita yang mengalami stunting, sebagai landasan parameter audit dalam menekan angka stunting,” ucapnya.

Termasuk kepada seluruh Camat, Lurah dan Kades, harus selalu memantau balita di wilayahnya, yang mengalami stunting secara periodik.

“Iya minimal 1 bulan sekali, agar dilakukan pemantauan perkembangan balita tersebut,” pinta Gua Firjaun.

Selain menekan angka stunting, agar AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKB (Angka Kematian Bayi) di Jember juga mengalami penurunan.

Wabup mengingatkan kepada lurah dan kepala desa, untuk tidak mudah mengeluarkan surat ijin nikah kepada warganya, yang memang belum siap menikah. (Sug)

beritalima.com

Pos terkait