beritalima.com

Walikota Blitar Tinjau Pembangunan Kampus AKN Putra Sang Fajar

  • Whatsapp

BLITAR, beritalima.com –¬† Dipenghujung tahun 2020 mendatang masyarakat Kota Blitar khususnya pelajar yang akan melanjutkan¬† jentang perguruan tinggi akan lebih mudah mendapatkan akses pendidikan dengan akan diresmikannya kampus Akademi Komunitas Negeri/AKN ” Putra Sang Fajar “ yang pada Senin ( 03/08/2020 ) telah ditinjau oleh Walikota Blitar yang turun langsung mengadakan peninjauan atas progres pembangunannya dan berdialog langsung dengan pelaksana pembangunan kampus dari PT. Roastefani Rambate Karya Group Jakarta dalam hal ini Direktur Utama nya, Sudiman Simanjuntak, SH, MH serta didampingi oleh Kabag. Tata Pemerintahan Kota Blitar bersama pimpinan dan staf AKN Putra Sang Fajar.


AKN Putra Sang Fajar telah berdiri beberapa tahun yang lalu yang merupakan perguruan tinggi vokasional yang berstatus negeri dan memiliki beberapa program studi, dimana utk perguruan tinggi vokasional dalam bentuk Akademi Komunitas Negeri di Jawa Timur hanya ada dua yakni di Kota Blitar dan Pacitan, dan pembangunan kampus megah ini dibangun dari dana APBN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta diharapkan pada tahap pertama pembangunan kampus ini akan selesai pada Desember mendatang.


Saat wawancara dengan awak media seusai peninjauan Walikota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd menjelaskan bahwa ” Alhamdulillan di Kota Blitar telah dibangun kampus kebanggaan bagi masyarakat Kota Blitar yang dibangun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersumber dari dana APBN yang saat ini progres pembangunannya telah mencapai 20 persen yang nanti sesuai kontraknya, Insya Alloh bulan Desember diharapkan sudah selesai pembangunan kampus pada tahap pertama dan minimal nanti dapat dimanfaatkan untuk kegiatan perkuliahan dan baru nanti pembangunan berikutnya menunggu perkembangan dari pelaksanaan anggaran dari Kemendikbud karena memang perguruan tinggi ini bernaung di Kemendikbud “, jelasnya.

Walikota Blitar menambahkan bahwa ” lahan yang kita persiapkan masih sangat luas dan sesuai dengan master plan yang ada kita berharap secara berkesinambungan penganggarannya ( multi years, Red ) tiap tahun ada perkembangan – perkembangan pembangunannya agar sampai pada tataran sempurna sesuai dengan master – plan yang sudah direncanakan”, tambahnya.


Dijelaskan pula oleh Walikota Blitar soal peningkatan status dari AKN Putra Sang Fajar bahwa ” perlu dipahami ini adalah suatu lembaga perguruan tinggi yang lebih memberikan keahlian ( skill, Red ) kepada anak – anak yang telah tamat pada jenjang Sekolah Menengah Atas/Kejuruan dalam bentuk pendidikan vokasional pada tataran Diploma I atau II. Kita berharap jika nanti gedungnya telah berdiri selesai kita juga akan berpikir bagaimana pengembangan tahap berikutnya supaya nanti bisa memberikan layanan Diploma III dan IV/Sarjana I yang kesemuanya berproses melalui tahapan – tahapan secara berjenjang, sehingga nanti tidak mustahil yang kita rencanakan bisa memproduksi jenjang S 1 akan terwujud tetapi semuanya butuh proses, butuh tahapan – tahapan karena tentunya penjejangan itu kan harus dievaluasi oleh Kemendikbud baik dari program – program studinya, Fakultas – fakultasnya. Dan Alhamduliilah kini telah terbangun perguruan tinggi negeri di Kota Blitar “, pungkasnya. ( hen/ich )

beritalima.com beritalima.com

Pos terkait