Warga Taeng Gowa Berharap Jembatan di Desanya

  • Whatsapp

Citizen Reporter
Laporan: Nirwan
Mahasiswa Sosiologi Fisip Universitas Sawerigading

Desa Taeng Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan merupakan desa yang tidak memiliki jalur jembatan penyebrangan yang menghubungkan Makassar dengan Gowa terkhususnya Desa Taeng sendiri.

Jeneberang merupakan sungai legendaris di Gowa. Sungai ini merupakan satu dari 15 sungai besar yang ada di Gowa Sulsel. Hulunya berasal dari Gunung Bawakaraeng, mengalir membelah wilayah Gowa dan bermuara antara Barombong dan Tanjung Bayang, panjang dari hulu ke hilir 75 km.

Besarnya arus sungai di tambah tidak tersedia jembatan penyeberangan, masyarakat kesulitan akan akses ke tempat tujuan dengan cepat

Kondisi tidak ada jembatan sebagian masyarakat setempat memanfaatkan keadaan dengan menyediakan jasa penyeberangan perahu yang hanya memuat kendaraan roda dua saja.

Masyarakat setempat sendiri tak bisa mengelak lagi harus memakai jasa penyebrangan yang di sediakan masyarakat setempat walaupun dalam perjalanan penyebrangan menghabiskan biaya sebesar Rp. 2000-, sekali melakukan penyebrangan.

Penghasilan jasa penyebrangan perahu tidak main-main karena para penyedia jasa penyebrangan dapat menghasilkan ratusan bahkan jutaan rupiah setiap hari. inilah sebenarnya yang menjadi perhatian penting buat pemerintah Gowa akan ketidak tersedian jalur transportasi penyebrangan yang menghambat jalur ekonomi masyarakat.

Rahmadan(18) salah seorang siswa SMK di Makassar berharap kepada pemerintah segera membuat jembatan penyebrangan, agar akses pendidikan mudah dan tidak seperti ini lagi, ‘’Kami terkadang terlambat kesekolah karna menunggu jasa penyebrangan yang sangat lama’’, tandasnya.

Pemerinta harus memperhatiakan akan pentingnya akses pendidikan, ekonomi dan lain-lain serta pentinya kebutuhan masyarakat akan fasilitas penyebrangan di Desa Taeng khususnya, kata Ramadhan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *